11 Alasan Diet Anda Tidak Berhasil

penyebab diet tidak menurunkan berat badan

Ketika anda berniat untuk menjalani diet dengan melakukan program terkait olahraga dan pembatasan makan, maka kebanyakan orang akan membayangkan sebuah keajaiban akan terjadi pada dirinya. Berharap semua terjadi dengan mudah dan cepat.
Banyak orang berharap akan cepat terjadi perubahan pada bert abadanya sementara ia melakukan kesalahan dalam program dietnya.

1.   Tidak Cukup Berolahraga


kurang olah raga

Inti dari olah raga adalah untuk membakar kalori. Jumlah kalori yang terbakar tergantung pada berapa lama anda berolah raga dan jenis olahraga yang anda lakukan.
Olahraga dengan fitness, berlari, berjalan cepat, dan aerobik membakar banyak kalori jika dilakukan dalam durasi waktu yang cukup. Sementara bersepeda dan berenang lebih sedikit membakar kalori.
Cara terbaik adalah dengan memilih olahraga yang cocok dengan anda, lakukan dengan rutin dan durasi yang cukup. Setidaknya lakukan olahraga 30 menit setiap momen dan lakukan sekurang-kurangnya 2 kali seminggu. Rencanakan semuanya agar anada bisa konsisten.

2. Anda Tidak Cukup Tidur

istirahat menurunkan berat badan

Banyak penelitian yang menemukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki berat badan yang susah diturunkan dari pada mereka yang tidur cukup. Hal ini disebabkan karena ketika anda terjaga, anda akan terpancing untuk memakan camilan. Hal ini disebabkan ketika anda terjaga, akan timbul rasa lapar yang menyebabkan anda akan meningkatkan konsumsi di malam hari.

3. Anda  Dalam Kondisi Tertekan Atau Strees

stress menaikkan berat badan

Pada sebagian wanita, mereka akan cenderung untuk ngemil ketika merasa tertekan atau stress. Saat merasa stress, sebagian wanita akan kehilangan kendali dan berusaha menenangkan diri dengan makan camilan. Celakanya, hal ini sangat cepat meningkatkan berat badan.
Penelitian di University Medical Center di Chicago dan University of Pittsburgh menunjukkan stress menyebabkan penambahan berat badan pada wanita usia paruh baya.

5. Melihat Makanan Yang Disukai

makanan lezat

Kelihatanya lucu, tapi itulah kenyataanya. Ketika anda melihat makanan yang disukai, akan menyebabkan anda akan sangat menginginkan makanan itu. Akibatnya anda akan memakanya secara berlebihan di kemudian hari.
Demikian pula anda melewatkan jadwal makan. Orang yang melewatkan jadwal makan cenderung merasa kelaparan. Akibatnya setelah beberapa hari melalui fase itu dan dia sudah tidak mampu menahan, ia akan makan sepuasnya. Ini sangat cepat meningkatkan berat badan.
Sebaiknya anda konsisten dengan jadwal makan, namun porsi dan pilihan makananya yang di ubah.

5. Anda Mengkonsumsi Kalori Terlalu Banyak

kalori banyak menaikkan berat badan

Kebanyakan orang tidak menyadari bahawa jika sudah mengurangi porsi makan berarti sudah mengurangi kalori. Sementara ia memakan makanan yang lain walau jumlahnya sedikit, tapi memiliki kalori tinggi.
Sebagai contoh seseorang makan brownies sebagai camilan. Walapupun disisi lain, ia mengurangi porsi makanan karbohidrat.

6.  Terlalu Banyak  Kalori Dalam Minuman

hindari minuman bersoda

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa minuman bisa menggagalkan program dietnya. Hal ini disebabkan dalam minuman yang dikonsumsi terdapat banyak kalori.
Beberapa jenis minuman seperti minuman bersoda, teh manis dan minuman bergula lainya memiliki kalori yang cukup tinggi. Demikian pula jus buah dengan gula.
Beralihlah ke air putih jika anda serius ingin menurunkan berat badan.

7.  Tidak Konsisten Dalam Diet dan Latihan.

jangan putus asa saat diet

Ketika anda menghadiri jamuan makan, anda mengambil salad atau sayuran. Tapi kemudian anda manambahkan ratusan kalori diatasnya dengan menambah berbagai saus dan toping kaya kalori seperti keju parut atau mayonaise.
Demikian pula anda melakuan jalan kaki sejauh 3 kilometer yang mampu membakar 300 kalori, namun kemudian mengakhirinya dengan makan di warung nasi padang untuk mengisi perut anda yang lapar, sehingga menggantikan kalori yang sudah terbakar ketika berjalan tadi.

“Perlu perencanaan dan konsistensi ketika anda berniat melakukan diet. Kombinasi antara berolahraga dan menahan diri merupakan kunci utama.”

8. Tergoda Saat Liburan

jaga makan saat liburan

Saat liburan atau tidak bekerja kadang kita berniat memanjakan diri. Ini adalah momen yang sangat krusial. Sebagian orang akan memanfaatkan momen liburan atau akhir pekan untuk membebaskan dirinya dari segala batasan.
Hal yang buruk adalah jika anda juga membebaskan diri anda dari program diet ketika akhir pekan. Tetap konsisten pada akhir pekan adalah sangat penting.

9. Tidak Sabar Dalam Menjalani Diet

diet butuh kesabaran

Kebanyakan orang yang saya temui, mereka gagal dalam program diet karena tidak sabar dalam program yang dijalaninya. Hal yang perlu diingat adalah, ketika anda menginginkan menurunkan berat badan 1,5 kilogram dalam satu minggu diperlukan olahraga 30 menit setiap harinya dan pembatasan konsumsi diet tidak lebih dari 2000 kalori setiap harinya.
Jika anda masih berpikiran diet dengan cara instan, besar kemungkinan anda gagal jika ingin menjalaninya dengan cara alami.

10.  Memiliki Gangguan Medis

sehat lebih penting dari diet

Kondisi tertentu yang mengakibatkan anda tidak terbatas dalam beraktivitas dan tidak bisa berolahraga akan membuat anda kesulitan dalam mengatur berat badan.
Orang yang tidak bisa beraktivitas memiliki potensi untuk banyak makan camilan untuk menghabiskan waktunya.
Demikian pula obat seperti steroid yang dikonsumsi rutin, akan menjadikan anda kesulitan dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga:

11. Anda Tidak Perlu Menurunkan Berat Badan

berat badan ideal

Sebagian orang ingin menrunkan berat badanya melebihi kondisi normalnya. Pada kondisi ini, tubuh terkadang mencoba memberi tahu Anda bahwa Anda memiliki berat badan yang sudah sesuai dengan ukuran dan tinggi badan Anda. Upaya penurunan berat badan lebih lanjut dapat menyebabkan hilangnya tonus otot dan melambatnya metabolisme. Pada kondisi ini sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk menjali diet.

Dari sebelas hal diatas, nomor berapa yang anda alami?




" Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, mohon share.  Ambil bagian anda dalam menebar manfaat. 




Terima kasih"


--


EmoticonEmoticon