11 Langkah Sederhana Menurunkan Berat Badan Secara Alami

menurunkan berat badan dengan cara mudah

Tahukah anda hanya dengan melakukan perubahan sederhana dalam hidup anda, mampu membakar kalori besar dan menurunkan berat badan selama setahun???

Cara yang sederhana, alami, dan tanpa obat yang tentunya tanpa efek samping.

Jika anda saat ini sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, anda akan mengetahui betapa beratnya perjuangan ketika ada acara makan malam prasmanan yang tidak mungkin anda lewatkan. Dan bagaimana rasanya ketika pakaian terasa tetap ketat walau sudah berusaha diet?

Lantas bagaimana jika ternyata ada langkah-langkah sederhana untuk menurunkan berat badan yang bisa anda lakukan setiap hari sehingga anda bisa sukses menurunkan berat badan? Disinilah langkah-langkah sederhana itu.



10 Langkah Menurunkan Berat Badan


            1.     Stop Makan Camilan


Makan camilan sambil nonton adalah masalah besar yang harus anda hentikan. Menurut Emily Banes, seorang ahli diet klinis di Texas, Makan camilan benar-benar menumpuk kalori.

Jika anda terpaksa tidak bisa menahan diri untuk makan camilan, maka ambilah camilan yang kandungan kalorinya rendah seperti buah-buahan.

Walau kelihatanya sedikit, namun berdasarkan penelitian, camilan menyumbang kalori yang cukup besar bagi seseorang.


            2.     Kurangi Gula.


Gula adalah sumber berbagai macam permasalahan kesehatan pada manusia. Ketika anda mengurangi konsumsi gula, maka artinya anda menambah kesehatan diri anda untuk masa depan yang lebih baik.

Pada awalnya, mungkin akan sulit mengurangi gula, namun jika anda memulainya anda akan terbiasa.

Tips agar mudah menurunkan konsumsi gula:


“ jangan menghentikan konsumsi gula seketika, namun kurangi sedikit-demi sedikit sehingga anda akan terbiasa”


            3.     Bergeraklah


“Olah raga adalah kunci” kata Banes. Orang yang banyak beraktifitas akan lebih mudah menurunkan berat badanya. Cara beraktifitas sederhana seperti naik turun tangga manual bukan lift, parkir sedikit jauh agar ada kesempatan berjalan, kurangi pemakaian kendaraan untuk aktifitas yang bisa dijangkau dengan jalan kaki seperti pergi ke warung dekat rumah, arisan PKK, menuju tempat ibadah.

Aktifitas sederhana ini akan menambah jumlah kalori yang terbakar. Akan semakin bagus jika anda meluangkan waktu sekurang-kurangnya 30 menit setiap harinya untuk berolahgara seperti jogging, jalan-jalan atau melakukan senam.

            4.     Tahan Segala Godaan


Jika anda orang yang susah menghentikan camilan, jangan menyimpan camilan dirumah. Jika anda orang yang tidak tahan dengan godaan brownies, jangan menyimpan bahan brownies dirumah, atau anda akan membuat dan menghabiskanya.

Jika anda mendapatkan undangan makan di suatu tempat, rencanakan menu yang akan anda makan. Minum air putih sebelum menuju tempat jamuan makan dan ketika di tempat jamuan, sehingga perut anda “sedikit” kenyang.

Jika disitu banyak menu yang ditawarkan, anda dapat memilih makanan yang berbahan utama sayuran. Hindari nasi dan makanan berkarbohidrat lainya.


            5.     Metode Piring Sayur


Gunakan piring anda untuk memandu pilihan makanan dan ukuran porsi makanan anda. Isi setengah piring dengan sayuran. Setengah yang lain isi dengan protein dan karbohidrat.

Jika anda ingin menambah porsi makanan, maka piring kedua isi hanya dengan sayuran. Penelitian menunjukkan, orang yang makan sayuran dan buah dalam porsi besar lebih sukses menurunkan berat badan.


            6.     Hindari Makanan Cepat Saji.


Penelitian yang dilakukan pada 1713 orang dewasa menunjukkan mereka yang jarang makan direstoran cepat saji (kurang dari 2 kali/minggu) lebih sukses dalam menurunkan berat badan mereka.

Jika anda terpaksa harus makan di restoran cepat saji maka tipsnya adalah jangan mengunyah sampai halus. Ini akan membuat anda lebih cepat kenyang. Pilih salad, sayuran, makanan yang dipanggang bukan di goreng.


            7.     Batasi Kalori Dari Minuman Anda


Salah satu penyumbang kalori adalah dari minuman khususnya minuman bersoda. Hindari minuman bersoda maka anda akan lebih sehat.

Namun, kebanyakan orang salahpaham. Kebanyakan tidak menyadari bahwa teh manis dan jus dengan gula juga memiliki kalori tinggi. Paling baik buah adalah dimakan langsung bukan di jus.

Jika terpaksa menginginkan jus, kurangi penambahan gulanya.


            8.     Cari Dukungan


Cari teman diet, akan lebih baik jika dilakukan bersama dalam keluarga. Masuk menjadi anggota grup diet juga memiliki dampak yang positif bagi anda.

Buat daftar kalori makanan, sehingga anda dapat membacanya suatu saat jika anda lupa. Ini sangat sederhana namun penting untuk menentukan pilihan makanan rendah kalori.


            9.     Pesan Porsi Kecil.


Jika anda makan direstoran maka pesanlah porsi kecil. Namun jika anda di rumah anda bisa mengaturnya sendiri. Kurangi jumlah asupan karbohidrat setiap kali anda makan.

Agar tidak terlalu berat, kurangilah porsi karbohidrat sedikit demi sedikit.


           10.Berpuasa


Sebagian agama mengajarkan pemeluknya untuk berpuasa. Ambilah jalan ini juga untuk menurunkan berat badan anda.

Niatkan anda berpuasa karena menjalankan perintah Tuhan. Dan pastikan saat anda berbuka anda tetap memperhatikan prinsip makan diatas, maka anda akan melihat hasilnya.


Baca Juga:

11 Alasan Diet Anda Tidak Berhasil 

            11.Yakinlah Anda Akan Berhasil


Yakinlah bahwa anda akan berhasil menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan, orang yang memiliki keyakinan ia akan berhasil dalam menurunkan berat badan, benar-benar sukses menurunkan berat  badannya.

Luangkan waktu sejenak dan katakan pada diri anda sendiri,


“ saya berhasil menurunkan berat badan dengan mudah”.


Pegang 11 hal ini dengan konsisiten, maka anda akan melihat keberhasilanya.

Yakinlah !!!


" Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, mohon share. Ambil bagian anda dalam menebar manfaat. 



Terima kasih"


--


EmoticonEmoticon