8 Makanan Tak Terduga Yang Baik Untuk Tulang Anda

makanan yang baik untuk tulang



Tahukah anda, banyak wanita yang mengalami pengeroposan tulang di usia tuanya?

Tahukah anda tulang yang keropos menjadi mudah patah saat seseorang jatuh?

Tahukah anda banyak jenis makanan di sekitar kita yang mampu menguatkan tulang?



Baca terus artikel ini dan anda akan mengetahuinya.



Kesehatan tulang sangat diperlukan bagi setiap orang. Berbagai cara dapat dilakukan untuk memperkuat tulang. Beraktifitas fisik atau berolahraga adalah salah satu cara memperkuat tulang anda. Selain itu banyak makanan yang sangat baik untuk kesehatan tulang anda.


Berikut jenis makanan yang tak terduga yang baik untuk kesehatan tulang anda.


1. Sayuran Hijau.




Zat yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang adalah kalsium. Selama ini kalsium banyak di dapatkan dari susu. Namun tahukah anda pada sayuran hijau banyak mengandung kalsium juga? Anda dapat mengkonsumsi sisu dan sayuran untuk memperkuat tulang anda.


Sayuran yang dapat anda pilih seperti: sayuran berdaun gelap seperti bok choy/bak cai/slobor, kubis, kangkung, dan lobak hijau. Satu cangkir lobak yang dimasak memiliki sekitar 200 miligram kalsium (20% dari target harian Anda). Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin K, yang dapat mengurangi risiko osteoporosis (pengeroposan tulang).


2. Kentang




Dua nutrisi yang kurang dikenal yang membantu menjaga tulang tetap sehat adalah magnesium dan potassium. Jika magnesium Anda rendah, Anda dapat memiliki masalah dengan keseimbangan vitamin D Anda, yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang Anda.


Kalium (potasium) menetralisir asam dalam tubuh Anda yang bisa mengeluarkan kalsium dari tulang Anda.


Salah satu cara untuk mendapatkan   kedua nutrisi tersebut adalah dengan memakan kentang ukuran sedang dengan tanpa garam, yang memiliki 31 miligram magnesium dan 542 miligram potassium.


3. Jeruk.





Buah jeruk memiliki vitamin C, yang telah terbukti membantu mencegah keropos tulang. Satu jeruk merah memiliki sekitar 91 miligram vitamin C, memberi Anda jumlah yang Anda butuhkan sepanjang hari.



4. Ikan Salmon.




Salmon dan jenis ikan berlemak lainnya menawarkan beragam nutrisi penguat tulang. Mereka mengandung vitamin D, yang membantu tubuh Anda mempertahankan kalsium, dan asam lemak omega-3, yang juga baik bagi tulang. Anda dapat membeli ikan salmon kaleng yang juga baik bagi tulang anda.



5. Kacang almond.





Kacang almond mengandung kalium (240 miligram dalam 2 sendok makan) serta protein dan nutrisi lainnya yang berperan mendukung dalam membangun tulang yang kuat.



“......banyak makanan yang sangat baik untuk kesehatan tulang anda”



6. Susu kedelai.





Susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang baik bagi tulang anda walaupun jumlah kandunganya bervariasi.



7. Tahu.




Penelitian menunjukkan Tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Setengah cangkir tahu mengandung lebih dari 400 miligram kalsium. Tahu juga memiliki berbagai manfaat bagi  tulang. Penelitian juga menunjukkan bahwa isoflavon yang banyak terdapat pada tahu,bermanfaat untuk mencegah gangguan tulang pada wanita pasca menopause.



            Baca Juga:



8. Jus jeruk.





Jus jeruk juga mengandung kalsium walau jumlahnya justru lebih banyak jika di makan langsung


Itulah tadi 8 makanan yang baik bagi tulang. Tingkatkan konsumsi makanan sehat untuk masa depan anda yang lebih baik. Semoga Bermanfaat.


Salam Sehat.




--


EmoticonEmoticon