RISET TERBARU, PENYEBAB KEMATIAN DINI NO. 1

Kesepian Penyebab Kematian No 1 Di Dunia



Selama ini, kematian selalu dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke sebagai pembunuh no 1. Data juga menunjukkan adanya peningkatan kejadian bunuh diri dan stroke di dunia. 

Dari sekian banyak penyebab jantung dan stroke obesitas dituduh menjadi penyebab utama. Namun tahukan anda bahwa kini ada penyebab kematian lain yang lebih berbahaya?


Sejumlah penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa penyebab kematian dini adalah kesendirian atau kesepian. Bagaiman hal itu mungkin?



Kesepian dan isolasi sosial merupakan faktor  utama kematian dini.


Selama ini baik di Amerika maupun di Indonesia perhatian utama kesehatan masyarakat berfokus pada obesitas. Obesitas mendapatkan perhatian yang sangat serius khususnya bagi kalangan wanita. 


Selain berkaitan dengan kesehatan obesitas juga sangat berkaitan dengan masalah penampilan. Namun, tahukah kamu bahwa riset di Amerika menunjukkan ancaman kematian yang lebih besar adalah : kesepian dan isolasi sosial.


Penelitian yang dilakukan oleh profesor psikologi Julianne Holt-Lunstad, Ph.D dari Universitas Brigham Young (BYU) di Provo, UT, mengungkapkan bahwa kesepian dan isolasi sosial dapat meningkatkan risiko kematian dini hingga 50 persen. Temuan ini dipresentasikan dalam Konvensi Tahunan ke-125 Asosiasi Psikologi Amerika, yang diadakan di Washington, D.C.



Sementara kesepian dan isolasi sosial kadang dipahami sama, namun ada perbedaan mencolok antara keduanya. Isolasi sosial mengarah pada  kurangnya kontak dengan individu lain, sedangkan kesepian adalah perasaan bahwa seseorang secara emosional terputus dari orang lain. 


Sehingga bisa saja seseorang bersama dengan orang lain namun merasa terasing.


Kesepian menyebabkan kematian dini



Menurut sebuah jajak pendapat Harris 2016 lebih dari 2.000 orang dewasa di A.S., sekitar 72 persen melaporkan merasa kesepian pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Dari orang dewasa ini, sekitar 31 persen melaporkan merasa kesepian setidaknya seminggu sekali.


Kesepian dan isolasi sosial memiliki hubungan dengan buruknya kesehatan seseorang. Studi yang dilaporkan oleh Medical News Today tahun lalu, misalnya, menunjukkan bahwa kesepian memiliki kaitan dengan penyakit  Alzheimer, sementara penelitian yang lain menunjukkan isolasi sosial memperburuk kesehatan penderita kanker payudara.



'Bukti kuat' bahwa kesepian membunuh


Hasil penelitian yang melihat keterkaitan antara kesepian, isolasi sosial, dan kematian menunjukkan bahwa risiko kematian dini 50% lebih tinggi pada orang yang mengalami kesepian dan isolasi sosial. Cukup mengejutkan.


Yang lebih mengejutkan tim juga menemukan risiko kematian dini akibat kesepian lebih besar dari pada risiko kematian akibat obesitas dan masalah kesehatan lainya loh.


"Ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian meningkatkan risiko kematian dini secara signifikan, dan besarnya risiko melebihi banyak indikator kesehatan terkemuka."
Julianne Holt-Lunstad, Ph.D.



Cara Mengatasi Kesepian


Menurut Prof. Holt-Lunstad, salah satu cara untuk membantu mengatasi epidemi kesepian adalah dengan menempatkan lebih banyak sumber daya untuk mengatasi kesepian di kalangan individu dan masyarakat.


Misalnya, dia menyarankan agar lebih banyak fokus pada pelatihan keterampilan sosial untuk anak sekolah, dan bahwa dokter harus melihat untuk memasukkan keterhubungan sosial dalam skrining medis.


Prof. Holt-Lunstad juga mengatakan bahwa orang dewasa seharusnya tidak hanya mempersiapkan implikasi finansial dari pensiun, tapi juga untuk masalah sosial.


Nah, maka dari itu penting juga buat kita untuk:
        1.     Rajin mengunjungi orang tua kita.
        2.     Sering berkunjung ke saudara.
        3.     Batasi penggunaan gadget dan tingkatkan interaksi sosial.
        4.     Ikut kegiatan sosial keagamaan.


Baca Juga:

Tulang pemuda sekarang cepat keropos.
11 alasan diet anda tidak berhasil
Langkah sederhana turunkan berat badan


Bagaimana menurut anda? Ada masukan lain? Silahkan tuliskan di kolom komentar.










First

4 komentar

sangat bermanfaat.. jangan lupa kunjungi juga link kami :)

https://telusur15.blogspot.com

Ok. Silahkan Di share. semoga semakin luas manfaatnya.

Ok mas. Sudah saya kunjungi. Blognya keren.


EmoticonEmoticon