10 Tips Sehat Untuk Wanita di Usia Dua Puluhan




Usia dua puluhan adalah masa yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan wanita di usia selanjutnya. Jika pada usia ini wanita tidak bisa mengatur pola kesehatanya, maka bisa dipastikan di usia selanjutnya akan mengalami masalah kesehatan.


Termasuk hal yang penting bagi wanita di usia ini adalah bagaimana ia mengatur dan mempertahankan berat badanya. Lantas bagaimana untuk menjaga agar berat badan tetap stabil?


Baca terus sampai selesai.


Usia dua puluhan adalah masa transisi. Ini adalah masa dimana kebanyakan wanita mulai meninggalkan rumah, memulai karir dan memulai berkeluarga.
Banyak perubahan pada masa ini termasuk juga perubahan pada berat badan anda.


Menjadi mahasiswa, menjadikan seorang wanita di usia duapuluhan harus mengahadapi beberapa stressor. Seperti lingkungan baru, pengalaman keluar dari rumah, dan makanan siap saji (fast food).


Atau mungkin anda yang sudah bekerja yang harus duduk di tempat kerja selama 5 sampai 9 jam setiap harinya akan menyebabkan naiknya berat badan anda, dan sulit menurunkan berat badan anda.

Terlebih bagi anda yang sudah mengalami kehamilan, melahirkan, dan menjadi orang tua akan menjadikan mengontrol berat badan semakin sulit dari pada sebelumnya.


Namun kabar baiknya adalah, di usia dua puluhan adalah saat yang paling tepat untuk berpisah dengan pola hidup tidak sehat untuk membantu hidup di masa depan yang lebih baik buat anda dan keluarga.


Batasi Jenis Makanan Tertentu.


Kebanyakan orang melakukan diet terlalu ketat dengan sangat membatasi makan. Atau sebaliknya di usia dua puluhan namun masih makan tanpa batasan.

Dua kebiasaan tidak sehat ini harus ditinggalkan. Di usia ini anda harus menjadikan sayuran dan buah sebagai menu utama dan menjadikan karbohidrat sebagai menu tambahan saja.


Buatlah pola diet yang sehat sebagaimana yang di ulas dalam beberapa postingan di website ini.


Baca Juga:
10 Langkah sederhana menurunkan berat badan.
11 alasan diet anda tidak berhasil.
Ramalan kesehatan anda di masa depan yang wajib anda ketahui


Cobalah 10 strategi untuk menjaga berat badan di usia dua puluhan ini:

1. Pilih makanan sehat.

Sekarang setelah Anda sudah memasuki tahapan dewasa, saatnya memilih cara makan yang sehat yang dapat Anda pertahankan selama sisa hidup Anda.

Menjadikan buah dan sayuran menjadi  makanan utama dan protein serta karbohidrat sebagai makanan tambahan adalah waktu yang tepat untuk saat ini.


2. Kenali tempat dan jenis makanan sehat di sekitar anda.

Suatu saat anda mungkin ingin makan diluar rumah, atau juga waktu makan siang saat di tempat kerja, anda harus menemukan pilihan makanan sehat.



“....usia dua puluhan adalah saat yang paling tepat untuk berpisah dengan pola hidup tidak sehat untuk membantu hidup di masa depan yang lebih baik buat anda dan keluarga.”



3. Tingkatkan pengetahuan dan keahlian masak anda.

Ikuti kelas, seminar, beli buku, atau browsing informasi mengenai cara memasak makanan yang sehat. Konsultasi dan belajar pada ahli diet juga sangat penting.

Jangan ragu untuk balajar memasak sendiri, supaya anda bisa menyantap dan menyajikan makanan yang bukan hanya enak, tetapi juga sehat untuk anda dan keluarga.


4. Fokus pada kesehatan anda.

Tidak semua lemak itu buruk, ada sejumlah lemak yang baik. Lemak yang baik adalah lemak yang sering dikatakan dengan “lemak tak jenuh.”

Lemak tak jenuh adalah makanan yang lezat dan sehat yang ditemukan dalam makanan seperti alpukat, kacang almond, minyak zaitun, ikan salmon, dan biji rami.


5. Hati-hati dengan iklan.

Perusahaan yang membuat  minuman ringan hingga makanan olahan mungkin tidak selalu menceritakan keseluruhan kebenaran tentang seberapa sehat makanan mereka.


Penggunaan kata kunci mereka seperti "organik" dan "alami" mungkin membuat Anda terjebak dengan iklan mereka saat Anda mencoba membuat pilihan yang sehat.


Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam Food Studies: An Interdisciplinary Journal, peneliti meminta 318 mahasiswa untuk menyatakan apakah mereka menganggap makanan itu sehat atau tidak sehat berdasarkan pada gambar kemasan. Dan tahukah anda hasilnya?

Kebanyakan akan menilai bila gambar berisi kata kunci makanan kesehatan seperti "organik" atau "gandum utuh", peserta menilai makanan itu lebih sehat.


Jangan menilai makanan hanya dari iklan, Pastikan selalu membaca label nutrisi untuk mendapatkan info lengkap tentang makanan tersebut ya.


6. Cerdas saat jamuan makan.

Salah satu tantangan terbesar bagi wanita berusia dua puluhan adalah menyeimbangkan kehidupan sosial dengan gaya hidup sehat, kata Sopov.


Saat ada acara jamuan makan, makan bersama teman kerja, atau pesta seringkali seseorang tidak mampu mengendalikan asupan kalori mereka.
Anda harus menahan diri untuk tidak melupakan program diet anda.


7. Tingkatkan pengeluaran keringat anda.

 Apakah Anda memilih untuk berjalan, berlari, bersepeda, berenang, menari, atau olahraga permainan, akan membuat anda lebih cepat membakar kalori dan kehilangan berat badan.


Akan lebih baik jika setidaknya dalam seminggu anda melakukan aerobik selama 150 menit. Bahkan jika anda bisa mengeluarkan keringat karena berolahraga lebih sering, akan jauh lebih baik bagi anda.


8. Sabar dan konsisten.

Menjadikan pola hidup sehat mulai dari sekarang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anda di masa depan.

Namun untuk menjadikan ini menjadi kebiasaan butuh waktu beberapa minggu. Selama itu belum menjadi kebiasaan maka anda harus berjuang dan bersabar untuk membentuk kebiasaan baru.


Menurut sebuah studi tahun 2009, European Journal of Social Psychology, dapat memakan waktu selama 66 hari untuk membangun sebuah kebiasaan baru. Karenanya, anda harus bersabar selama 10 minggu awal sebelum itu menjadi kebiasaan yang nyaman bagi anda.


9. Jangan berlebihan.

Banyak penelitian yang menyatakan, kebiasaan baru akan mudah dibentuk jika itu tidak berlebihan.

Saat anda melakukan olahraga, lakukan dengan tempo yang singkat pada awalnya. Selanjutnya tingkatkan setiap minggunya dengan perlahan.
Demikian juga pembatasan makan dan minum.


10. Ada kondisi khusus.

Jika anda wanita habis melahirkan atau menyusui, maka jangan tergesa-gesa untuk menurunkan berat badan anda. Fokuslah pada bayi anda terlebih dahulu.


Program penurunan berat badan akan lebih baik jika anda mulai setelah 6 bulan atau satu tahun setelah melahirkan. Hal ini akan lebih baik bagi kesehatan anda dan bayi.







EmoticonEmoticon