12 Camilan Sehat dan Buah Yang Cocok Saat Diet

makanan sehat saat diet

Diet merupakan pola hidup yang sehat. Diet bukan hanya penting bagi mereka yang menginginkan berat badanya turun, namun prinsip diet bagus untuk semua orang. Baik orang sakit maupun sehat lho..
Prinsip utama diet adalah anda menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan rendah kalori.
Konsumsi makanan rendah kalori dapat anda tempuh melalui cara mengganti makanan pokok (beras, gandum, dsb dan produk turunannya) dengan konsumsi sayuran dan buah.
Buah dan sayuran memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan anda. Buah juga dipercaya dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terjadinya kanker.
Buah juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan anda dan keluarga.
Buah dan sayur juga memiliki kandungan serat yang tidak bisa digantikan oleh makanan lain.

Namun tahukah anda buah dan sayur juga perlu dipilih untuk program diet?

Pemilihan buah dan sayur yang tidak tepat justru akan menggagalkan program anda untuk menurunkan berat badan.
Berikut ulasan buah yang cocok dengan program diet anda.

1. Semangka

Posisi pertama diduduki semangka.
Semangka memiliki kandungan air yang banyak. Walaupun semanka manis rasanya, namun kandungan kalorinya tidak tinggi. Dengan kandungan air yang cukup banyak menjadikan semangka segar untuk dikonsumsi.
Kandungan air yang banyak juga baik untuk mencegah anda dari kekeurangan cairan atau dehidrasi.
Dengan segarnya semangka akan membuat kita tidak mudah bosan mengkonsumsinya. Semangka juga memiliki kandungan vitamin yang cukup besar.
Dengan mengkonsumsinya anda mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Anda menjalankan diet, mendapatkan vitaminya, mendapatkan kesehatanya dan yang penting murah juga harganya.

2. Blueberry

Posisi berikutnya di ambil oleh blueberry. Buah ini memang cukup jarang dinegara kita. Namun anda patut mempertimbangkanya. Blueberry memiliki kandungan kalori cukup rendah. Selain itu blue berry juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.
Hal lain yang membuat blue berry istimewa adalah kemampuan blue berry meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalori dan lemak di tubuh lebih cepat dibakar.
Namun yang paling penting, konsumsi blue berry tidak menggantikan olahraga yaa. Biarpun konsumsi blue berry meningkatkan metabolisme anda tetap harus menjalani olah raga.

3. Pir

Peringkat selanjutnya adalah pir. Pir merupakan buah yang sudah populer di negara kita.
Pir memiliki kandungan serat yang tinggi dan air cukup banyak.
Khasit pir adalah dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu, pir juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Waw banget khan...
Seperti kita ketahui, kolesterol merupakan masalah utama penyebab berbagai masalah penyakit jantung dan pembuluh darah.
Penyakit seperti serangan jantung, darah tinggi (hipertensi), stroke merupakan contoh penyakit yang dipicu oleh kolesterol. Dengan mengkonsumsi pir berarti anda sayang dengan jantung anda.

4. Apel


Peringkat selanjutnya adalah apel. Apel merupakan buah yang sudah sangat populer di masyarakat. Kandungan serat pada apel sangat tinggi. Kandungan air pada apel relatif sedikit namun rasanya tetap segar...
Apel cocok dikonsumsi mulai pagi sampai dengan malam hari.

Negara kita juga memiliki apel lokal sendiri. Tentu khasiat yang dimiliki justru lebih baik daripada apel impor.
Apel juga memiliki khasiat dalam mencegah kanker, luar biasa bukan?
Apel juga sudah diolah menjadi berbagai macam komoditi.

Khasiat istimewa apel yang lain adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

5. Jeruk Bali



Pernah mengkonsumsi jeruk bali?
Jika anda belum pernah, maka anda patut untuk mencobanya.
Kenapa?
Karena konsumsi jeruk bali sebelum makan dapat menurunkan berat badan.

Jadi sudah sangat jelaskan kenapa jeruk bali menduduki peringkat selanjutnya pada daftar buah yang baik untuk diet anda.
Selain itu khasiat istimewa lainya adalah, jeruk bali juga mempercepat pembakaran lemak ditubuh kita.

Namun tentunya manfaat istimewa ini harus diimbangi dengan mengurangi asupan lemak ke tubuh anda ya..

6. Pisang



Posisi selanjutnya adalah pisang. Pisang memiliki manfaat membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga dapat meningkatkan metabolisme di tubuh anda.
Pisang juga memiliki manfaat tak terduga untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsi pisang ambon 3 buah perhari selama satu bulan dapat menurunkan tekanan darah sampai 20 mmHg. Namun harus diikuti pola hidup sehat tentunya ya..
Pisang juga memiliki hara yang tidak mahal. Apalagi jika anda menanam sendiri.
Pohon pisang mudah dalam perawatanya. Sekali anda menanamnya, akan berbuah terus menerus. Memang jarak antara tanam dan berbuah butuh waktu cukup lama. Namun jika anda punya pekarangan cukup luas, kenapa tidak mencoba menanan sendiri?

7. Alpukat



Alpukat, siapa yang tak mengenalnya. Buah yang memiliki tekstur lembut dan nikmat manakala dibuat jus. Alpukat mengandung lemak rantai panjang yang bagus buat kesehatan kita.
Alpukat juga memberikan nutrisi yang baik untuk kulit kita.
Dengan adanya kandungan lemak rantai panjang di dalamnya, alpukat ikut bermanfaat bagi kesehatan jantung kita.
Namun, yang perlu digaris bawahi adalah, ketika anda berniat untuk diet, maka jangan teralu banyak menambahkan gula pada jus anda.
Jika itu anda lakukan, maka artinya anda menumpuk kalori dalam jus anda ya..

8. Kacang arab



Anda pernah mencobanya? Kacang arab memiliki rasa yang khas.
Kandungan nutrisi pada kacang arab baik untuk kesehatan kita. Selain itu sebagaimana buah yang baik untuk diet, kacang arab juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Demikian juga kandungan lemak pada kacang arab cukup rendah. Ini menjadian kacang arab layak dimasukkan dalam daftar camilan anda.

9. Kacang almond



Kacang almond adalah menu yang sangat populer belakangan ini.
Jika anda berniat mencoba camilan baru yang sehat maka kacang almond patut anda pilih. Selain kandungan kalori yang rendah, kacang almon juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan anda..

10. Popcorn



Makanan berikutnya adalah popcorn. Popcorn yang merupakan makanan olahan dari jagung, memiliki kandungan kalori yang rendah.
Anda bisa menjadikan popcorn sebagai salah satu pilihan camilan saat diet.
Namun anda harus jeli, jika popcorn ditambah dengan gula untuk menimbulkan rasa manis, berarti kandungan kalorinya sudah meningkat ya..

11. Yogurt



Yogurt adalah salah satu menu yang sehat. Yogurth memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kita. Saat anda diet, anda bisa menjadikanya sebagai camilan karena kandungan kalori yang rendah pada yogurt.

12. Oatmeal



Akhir-akhir ini oatmeal sangat populer. Oat meal adalah makanan yang sehat bagi kita. Oatmeal juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan jantung kita.
Kandungan kalori yang rendah pada oatmeal, menjadikanya sangat cocok bagi anda yang ingin diet.
Sesekali anda patut mencobanya untuk mengkombinasikan camilan saat anda diet.

Nah itu tadi buah dan camilan yang cocok buat diet. Kalau anda pilih yang mana?



EmoticonEmoticon