Camilan Sehat untuk Anak


camilan untuk anak


CAMILAN atau snack juga dibutuhkan oleh anak kita lho ayah bunda. Namun bukan sembarang camilan, berikan pada buah hati kita hanya camilan yang sehat yang seimbang bagi kebutuhan nutrisinya.

Karenanya ayah bunda harus membuat perencanaan makanan camilan yang baik bagi anak.

Camilan yang paling sehat bagi buah hati kita adalah sayuran dan buah. Sayuran dan buah mengandung serat dan mampu merangsang kelenjar ludah sehingga kondisi rongga mulut menjadi tidak asam.

Jika buah hati kita mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti coklat, akan membat mulut menjadi sangat asam.
Asam pada rongga mulut akan menjadikan gigi cepat rusak dan berlubang.

Ahli gizi keluarga Leona Victoria Djajadi, MND, jenis camilan yang terbaik diberikan pada anak adalah sayur dan buah.
Jika bisa, tambahkan pula protein, makanan yang mengandung kalsium, rendah lemak, dan gula buatan atau gula putih.

"Contohnya produk susu, yang rendah lemak, kaya kalsium, fosfat,dan protein. Susu juga bagus buat gigi baik dari faktor luar dan dalam bisa membentuk gigi yang bagus," kata Leona.

Camilan berbahan dasar kdelai juga bagus bagi anak karena mengandung kalsium yang tinggi, serta kaya sumber serat nabati.

Bunda juga hasrus pandai mengkombinasi camilan tersebut setiap harinya agar anak tidak bosan.
Biasakan agar anak mengkonsumsi sayuran sejak dini ya ayah bunda...


Berikan Camilan Sambil Latih Motorik Anak
Kebutuhan nutrisi yang besar pada anak, menjadikan ayah bunda harus memberikan perhatian lebih pada nutrisi yang dikonsumsi buah hati kita.

Kesalahan kebanyakan ayah bunda adalah, melarang buah hati untuk makan sendiri dengan alasan berantakan (jika masih balita) atau justru membiarkan buah hati bermain gadget.
Justru seperti itu menjadikan anak tidak terasah motorik atau kemampuan geraknya.
Ayah bunda harus melatih dan mengkondisikan agar buah hati berusaha makan sendiri.
Singkirkan gadget saat buah hati hendak makan.

Selain itu dengan melatih gerak dari buah hati kita bisa bermanfaat bagi kesehatanya dimasa depan.

Redam Keinginan Anak-anak Jajan Camilan
Banyaknya jenis jajanan saat ini merupakan hal yang harus ayah bunda waspadai.
Jajanan yang dikonsumsi terus menerus bisa berakibat tidak baik pada tubuh dan gigi buah hati ayah bunda.

Menurut pakar gizi keluarga Leona Victoria Djajadi, MND, kehadiran ragam jajanan menarik dan mudah didapatkan saat ini mendorong masyarakat mengonsumsi camilan melebihi frekuensi yang dianjurkan.
Apalagi ketika tengah bepergian atau mengunjungi mal,  penasaran ingin mencoba rasa baru menjadi dorongan kuat mengonsumsi jajanan tanpa terencana.
"Untuk menyiasati jajanan di mal-mal, pertama harus membuat rencana menu. Sebisa mungkin siapkan makanan dari rumah dan rencanakan ketika pergi ingin makan apa," ujar Leona dalam media briefing Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2017.

Pemberian snack atau camilan yang terbaik adalah sekitar 2-3 kali setiap harinya. Pemberian snack yang terbaik adalah 2-3 jam sebelum atau sesudah makan.


Jika saat anak sekolah, lebih baik dengan memberi bekal anak. Bekal seperti buah akan memiliki manfaat ganda bagi anak, karena, bervitamin, sehat, dan membantu anak konsentrasi.



---


EmoticonEmoticon