Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil


Apakah anda sedang hamil? Atau sedang berharap untuk hamil, atau berharap suatu saat akan hamil (karena sekarang belum menikah)?

Tahukah anda seseorang yang sedang hamil memerlukan banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya?
Tahukah anda wanita hamil memerlukan nutrisi untuk dia, bayinya dan proses kelahiran nanti?

Baru-baru ini FDA dan EPA di Amerika memberikan saran untuk kesehatan wanita hamil.
Saran yang mereka berikan adalah agar menambahkan menu ikan dalam makanan keseharianya.

Saran ini merupakan saran terbaru karena dahulu, ditetapkan jumlah maksimal ikan dan makanan sea food, namun sekarang yang terbaik adalah menu ikan sebanyak mungkin.

FDA dan EPA menyarankan agar wanita hamil, menyusui, dan anak-anak agar banyak mengkonsumsi ikan karena itu baik bagi kesehatan mereka.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, bagaiman cara memasak yang sehat. Tentu saja ikan juga harus di masak dengan cara yang sehat.

Apa Pentingnya Ikan Bagi Wanita dan Anak-anak

Wanita hamil, menyusui, dan anak-anak sangat dianjurkan mengkonsumsi banyak ikan dan makanan laut karena memiliki kandungan omega-3 yang besar. Omega-3 adalah asam lemak yang sehat yang memiliki manfaat dalam membangun otak dan banyak manfaat lainya.
Dan penelitian menunjukkan, banyak wanita dan anak-anak yang kurang terpenuhi dalam konsumsi ikannya.

Ini sangat dibutuhkan ketika bayi dalam kandungan. Dalam kandungan otak mulai dibentuk sehingga diharapkan pembentukan otak dan sistem syarafnya akan maksimal sehingga bayi yang dilahirkan memiliki kecerdasan dan kesehatan yang optimal.

Sebanyak Apa Ikan yang Dibutuhkan wanita hamil dan menyusui?

Lembaga kesehatan di Amerika memberikan ukuran minimal makan ikan sekurang-kurangnya 12 ons ikan setiap minggunya.

Kepala FDA Stephen Ostroff, MD mengatakan “ Ilmu pengetahuan dan penelitian saat ini menemukan bahwa membatasi atau menghindari ikan selama kehamilan dan masa anak-anak, berarti menghilangkan nutrisi penting bagi mereka. Nutrisi yang memberikan dampak positif pada pertumbuhan , perkembangan, dan kesehatan bagi wanita dan  anak-anak”.

Kita harus menganjurkan dan memfasilitasi wanita dan anak-anak disekitar kita agar dapat mengkonsumsi ikan lebih banyak.
Penelitian di Amerika menunjukkan setiap 1 dari 5 orang wanita hamil, mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang kurang dari kebutuhan mereka.

Penelitian tersebut diikuti oleh 1000 orang wanita hamil. Jika itu di Amerika, maka sangat mungkin itu juga terjadi di Indonesia. Hal ini terkadang dipengaruhi budaya masyarakat yang anti makan ikan saat hamil, menyusui dan anak-anak.

Cerdas Memilih Ikan

“ Ilmu pengetahuan dan penelitian saat ini menemukan bahwa membatasi atau menghindari ikan selama kehamilan dan masa anak-anak, berarti menghilangkan nutrisi penting bagi mereka. Nutrisi yang memberikan dampak positif pada pertumbuhan , perkembangan, dan kesehatan bagi wanita dan  anak-anak”.
 Stephen Ostroff

Di negara kita, ikan banyak dihasilkan. Baik ikan laut maupun ikan air tawar. Kesemua ikan baik yang dari laut maupun air tawar, bermanfaat dan baik bagi ibu hamil dan anak-anak.

Namun, dari segi kandungan omega-3, ikan laut memiliki kandungan omega-3 yang lebih banyak.

Baca Juga:
Makanan Istimewa Bagi Penderita Diabetes
10 Tips sehat buat wanita usia 20'an


Kita dapat memilih ikan segar maupun ikan kaleng. Tergantung dari kemampuan kita dalam hal ekonomi. 
Namun, ikan segar akan lebih baik dari pada ikan kaleng karena tidak mengandung pengawet. Ini tentu berbeda dengan ikan kaleng, yang walaupun sedikit mengandung pengawet atau pewarna.

Hal yang perlu anda perhatikan juga ketika membeli ikan kaleng adalah cermat dalam melihat tanggal expired nya. Beberapa kali saya menemukan makanan yang dijual di mini market sudah kadaluwarsa atau mendekati kadaluwarsa.

Ikan salmon, udang, pollock, nila, lele, dan ikan kod juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

Untuk menghindari kebosanan dalam mengkonsumsi ikan dapat disiasatai dengan merubah cara memasaknya. Mengganti bumbu juga sangat baik untuk menghindari kebosanan dalam mengkonsumsi ikan.

Nah, ternyata untuk sehat tidak perlu mahal kan? tak ada daging sapi, ikan pun sangat baik bagi kesehatan kita.

Selamat mengkonsumsi ikan ya...



--


EmoticonEmoticon