Tanda Anak Dalam Kondisi Sehat

ayah bunda harus tahu tanda anak sehat

Tumbuh kembang buah hati adalah fokus utama yang harus diperhatikan oleh ayah bunda.  Namun banyak ayah bunda yang kurang peka dengan kesehatan buah hati.
Ayah bunda harus mengenali tanda buah hati dalam kondisi tercukupi kebutuhan gizinya ya...
Jangan sampai ketika kondisi kurang gizi sudah kronis baru diketahui..

Tanda Buah Hati Tercukupi Gizinya
Ayah bunda, inilah tanda kalau buah hati sudah tercukupi kebutuhan gizinya.
1. Tinggi dan berat badannya tumbuh sesuai tahapan usia
2. Bibir terlihat segar, mata bening dan wajah yang ceria
3. Nafsu makan dan BAB yang teratur
4. Berbicara lancar dan bergerak aktif
5. Reaksi yang aktif dan penuh perhatian
6. Tidurnya nyenyak
7. Rambut dan Kulit tumbuh dengan baik dan sehat.

Bagaimana Ciri Rambut dan Kulit Sehat?
Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Yustina Ani Indriastuti menyatakan, rambut yang berkilau, kuat, tidak mudah rontok dan patah, serta kulit yang kecang,  dan cerah (bukan berarti harus putih, tapi cerah) menandakan si Kecil dalam kondisi gizi yang optimal.
Sebaliknya jika rambut kusam, mudah rontok atau patah, tidak bercabang dan kulit terlihat kusam, menandakan kebutuhan gizi si Kecil dalam kondisi kurang optimal.

Ayah bunda perlu tahu, bahwa kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak pada usia anak lebih besar dari pada usia dewasa. Jadi pastikan ayah bunda mencukupi semua kebutuhan nutrisi pada si Kecil.

Mengenai tebal atau tipisnya rambut, dr Titi Lestari Sugito, SpKK, dokter spesialis Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin RSUPN Cipto Mangunkusumo, menyatakan bahwa tebal tipisnya rambut karena faktor gen, bukan faktor gizi.
Agar rambut buah hati lebat dan tebal saat ini sudah banyak perawatan. Yang alami ayah bunda bisa menggunakan minyak orang-aring, atau minyak kemiri.

Bagaimana Agar Kulit dan Rambut Si Kecil Tetap Sehat?
Jika ayah bunda menemukan kondisi rambut yang kusam atau mudah rontok, maka ayah bunda harus menilai ulang apa yang dikonsumsi si Kecil.
Berikan si Kecil makanan yang mengandung   protein tinggi, kaya serat, magnesium, kalsium dan vitamin. Juga kebutuhan minum si kecil harus diperhatikan.

Beberapa perawatn rambut yang disampaiakan Dr Eddy Karta, SpKK, menyarankan ayah bunda untuk melakukan beberapa perawatan berikut ini:
  • Saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan tubuhnya dengan sabun,  serta mencuci rambut Si Kecil dengan menggunakan shampoo khusus anak.
  • Lindungi Si Kecil dari sengatan sinar matahari, debu dan kotoran.
  • Batasi kebiasaan mandi dengan air panas.
  • Cukupi kebutuhan gizi Si Kecil.
  • Kalau memang dibutuhkan, ayah bunda bisa melakukan perawatan tambahan khusus untuk anak-anak, termasuk lotion dan perlengkapan perawatan rambut.


 ---


EmoticonEmoticon