8 Manfaat Kubis Bagi Kesehatan


Kubis atau sebagian orang menyebutnya sawi putih, memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa menyehatkan. Walaupun kandungan nutrisinya sangat bagus, sering kali sawi putih diabaikan di Indonesia karena terlalu banyak sayuran, dan kebanyakan orang tidak mengetahui kandungan nutrisinya yang sangat bagus loh.
Kubis masuk kedalam genus Brasicca dari sayuran. Ini sejenis dengan brokoli, kembang kol, dan kangkung.
ada beberapa jenis dan warna bok choi atau kubis, antara lain putih (paling populer di Indonesia), merah, ungu, dan hijau. Daun dari kubis biasanya berkerut, namun ada juga yang halus.
sayuran ini telah tumbuh di dunia selama ribuan tahun dan dapat ditemukan di berbagai jenis hidangan, termasuk asinan, kimchi, tumis, dan coleslaw.
Selain itu, kubis juga sarat dengan vitamin dan mineral.
Artikel ini mengungkap 9 manfaat kesehatan kubis yang didukung penelitian, walaupun pada artikel ini tidak kami cantumkan jurnal penelitianya.

8 Manfaat Kubis Bagi Kesehatan


1. Kaya akan nutrisi
Bok Choi/kubis memiliki nutrisi yang lengkap, selain itu mengandung kalori yang rendah, sehingga aman bagi penderita DM atau mereka yang sedang menjalani diet.
Sebenarnya, hanya 1 cangkir (89 gram) kubis hijau mentah yang berisi:
        Kalori         : 22
        Protein       : 1 gram
        Serat           : 2 gram
        Vitamin K   : 85% dari kebutuhan harian
        Vitamin C   : 54% dari kebutuhan harian
        Folat           : 10% dari kebutuhan harian
        Mangan     : 7% dari kebutuhan harian
        Vitamin B6 : 6% dari kebutuhan harian
        Kalsium      : 4% dari kebutuhan harian
        Potasium    : 4% dari kebutuhan harian
        Magnesium         : 3% dari kebutuhan harian
Kubis juga mengandung sejumlah mikronutrien kecil lainnya, termasuk vitamin A, besi dan riboflavin.
Seperti yang dapat Anda lihat dalam daftar di atas, kaya akan vitamin B6 dan folat, yang keduanya penting untuk banyak proses penting dalam tubuh, termasuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf.
Selain itu, kubis mengandung serat tinggi dan mengandung antioksidan kuat, termasuk senyawa polifenol dan belerang.
Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang memiliki jumlah elektron ganjil, membuatnya tidak stabil. Ketika mereka terlalu tinggi, mereka bisa merusak tubuh anda.
Kubis sangat tinggi vitamin C, antioksidan kuat yang dapat melindungi dari penyakit jantung, kanker, kehilangan penglihatan, dan berguna untuk menghaluskan kulit.

2. Membantu mengatasi inflamasi/peradangan
Peradangan atau inflamasi (demam, bengkak, kemerahan pada area tertentu di tubuh) tidak selalu hal yang buruk.
Sebenarnya, tubuh Anda melakukan respons inflamasi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Jenis peradangan akut juga merupakan respons normal terhadap luka atau infeksi.
Di sisi lain, peradangan kronis yang terjadi dalam jangka waktu lama dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan penyakit radang usus.
Sayuran seperti kubis mengandung banyak antioksidan yang telah terbukti bisa mengurangi peradangan kronis
penelitian yang dilakukan pada wanita di china menunjukkan bahwa mengkonsumsi berbagai macam sayuran memiliki dampak yang baik dalam mengatasi peradangan dibandingan mereka yang mengkonsumsi sedikit sayur.
Efek antiinflamasi ini disebabkan oleh antioksidan kuat yang ditemukan pada kubis ini, seperti sulforaphane dan kaempferol.

3. Kubis Kaya Dengan Vitamin C
Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air yang banyak berperan penting dalam tubuh.
Misalnya, dibutuhkan dalam pembentukan kolagen (zat penting untuk kecantikan dan menghaluskan kulit), elastisitas/kekenyalan untuk kulit dan sangat penting untuk berfungsinya tulang, otot, dan pembuluh darah
Selain itu, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi non-heme, jenis besi yang ditemukan pada makanan nabati.
Dan yang paling penting lagi, ini adalah antioksidan yang sangat kuat.
Vitamin C bekerja untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas telah terbukti sebagai penyebab berbagai macam penyakit kronis seperti jantung dan kanker.
penelitian menunjukkan orang yang mengkonsumsi vitamin C cukup, memiliki resiko terkena kanker lebih rendah.
Analisa terhadap 21 penelitian menemukan bahwa risiko kanker paru-paru menurun sebesar 7%, untuk setiap peningkatan 100 mg harian asupan vitamin C.
dari berbagai jenis kubis, kubis merah memiliki anti oksidan terbanyak. Kubis merah mengandung sekitar 30% lebih banyak bila dibandingkan dengan kubis hijau.
Satu cangkir (89 gram) kubis merah cincang mengandung 85% asupan vitamin C yang disarankan, yang jumlahnya sama dengan jeruk kecil.

4. Membantu Memperbaiki Pencernaan
Jika Anda ingin memperbaiki kesehatan pencernaan Anda, kubis juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan anda.
Sayuran segar ini penuh dengan serat tak larut dalam usus, sejenis karbohidrat yang tidak bisa dipecah dalam usus. Serat yang tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan memudahkan keluarnya BAB dan membantu agar buang air besar secara teratur.
Yang lebih penting juga, mengonsumsi serat jenis ini telah terbukti bisa meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan (bakteri baik) di usus. Ini karena serat merupakan sumber energi  utama untuk bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli
Bakteri ini melakukan fungsi penting seperti melindungi sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin K2 dan B12
Makan lebih banyak kubis adalah cara terbaik untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan bahagia.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Kubis merah mengandung senyawa kuat yang disebut anthocyanin. Mereka memberi sayuran segar ini warna ungu yang menarik.
Anthocyanin adalah pigmen tumbuhan yang termasuk dalam keluarga flavonoid.
Banyak penelitian telah menemukan kaitan antara mengonsumsi makanan kaya pigmen ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung
Dalam sebuah penelitian pada 93.600 wanita, menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan makanan kaya antosianin memiliki risiko terkena serangan jantung yang jauh lebih rendah.
Analisis lain terhadap 13 penelitian observasional yang melibatkan 344.488 orang memiliki temuan serupa. Ditemukan bahwa peningkatan 10 mg flavonoid per hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung sebesar 5% lebih rendah
Meningkatkan asupan antosianin diet juga telah terbukti mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit arteri koroner.
Kubis mengandung lebih dari 36 jenis anthocyanin potensial, ini menjadikan kubis sebagai pilihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung

6. Dapat menurunkan tekanan darah 
Tekanan darah tinggi telah menjangkiti lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.
Dokter sering menyarankan pasien dengan tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan garam mereka. Namun, bukti terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan potasium diet Anda sama pentingnya untuk menurunkan tekanan darah.
Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Salah satu tugas utamanya adalah membantu mengatur tekanan darah dengan menangkal efek natrium dalam tubuh
Kalium membantu mengeluarkan sodium berlebih melalui urine. Ini juga melenturkan dinding pembuluh darah, yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah.
Walaupun natrium dan kalium penting bagi tubuh, namun kebanyakan makanan modern memiliki kandungan natrium tinggi namun rendah kalium. Ketidak seimbangan ini bisa memperngaruhi kesehatan anda dan keluarga. Oleh karena itu, sangat baik meningkatkan konsumsi kalium anda dan keluarga.
Bagi anda yang belum mengerti Natrium terdapat di garam dapur, Disimbolkan degan Na, nama lainya adalah sodium. Sedangkan Kalium dituliskan dengan simbol K, nama lainya adalah potasium.
Kubis merah adalah sumber potassium yang sangat baik, dalam 2 cangkir (178 gram) kubis merah terdapat 12% dari total kebutuhan Kaium harian anda.
Makan lebih banyak kubis yang kaya potassium adalah cara yang enak untuk menurunkan tekanan darah tinggi dari pada anda meminum obat.

7. Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan di setiap sel di tubuh Anda.
Beberapa orang menganggap semua kolesterol itu buruk, padahal kolesterol tidak semuanya buruk. Ada dua jenis kolesterol yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik.
Namun, orang yang memiliki kolesterol tinggi juga cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama bila kadar kolesterol LDL yang tinggi.
Kubis mengandung dua zat yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat.

Serat larut
Serat larut telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dengan mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.
Analisis besar terhadap 67 penelitian menunjukkan bahwa ketika orang makan serat larut 2-10 gram per hari, mereka mengalami penurunan kadar kolesterol LDL yang signifikan sekitar 2,2 mg per desiliter.
Kubis adalah sumber serat larut yang baik, dan sekitar 40% serat yang ditemukan di kubis termasuk serat larut.

Sterol tanaman
Kubis mengandung zat yang disebut fitosterol. Mereka adalah senyawa tanaman yang secara struktural mirip dengan kolesterol, dan mereka mengurangi kolesterol LDL dengan menghalangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.
Peningkatan asupan fitosterol sebesar 1 gram per hari mampu  menurunkan konsentrasi kolesterol LDL sebanyak 5%.

8. Kubis Merupakan Sumber Vitamin K yang Bagus
Vitamin K adalah termasuk dalam vitamin yang larut dalam lemak yang banyak memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Vitamin ini terbagi menjadi dua kelompok utama
        Vitamin K1 (phylloquinone): Ditemukan terutama pada sumber tanaman.
        Vitamin K2 (menaquinone): Ditemukan pada sumber hewani dan beberapa makanan fermentasi. Hal ini juga diproduksi oleh bakteri di usus besar.
Kubis adalah sumber vitamin K1 yang hebat, memberikan 85% jumlah harian yang disarankan dalam setiap satu cangkirnya (89 gram).
Vitamin K1 adalah nutrisi penting dalam tubuh. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk membantu pembekuan darah. Ini bermanfaat ketika anda jatuh, atau mengalami perdarahan lainya.

Tanpa vitamin K, darah akan kehilangan kemampuannya menggumpal dengan benar, sehingga meningkatkan risiko pendarahan yang berlebihan.


EmoticonEmoticon