PENGOBATAN INFEKSI SALURAN KENCING (ISK) TANPA ANTIBIOTIK


mengobati isk tanpa antibiotik

Infeksi saluran kencing mempengaruhi satu atau lebih area di dalam saluran kemih, termasuk uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal. Infeksi saluran kencing (ISK) sering disebut anyang-anyangan di Indonesia.
ISK terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih dan berkembang biak. Mereka dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan dan sering, sakit perut bagian bawah, dan urin berdarah. Lebih dari 8 juta orang terserang ISK setiap tahunya.
ANGKA KEJADIAN ISK
ISK adalah jenis infeksi kedua yang paling sering terjadi.
Sebagian besar kasus disebabkan oleh E. coli, namun virus dan jenis kuman lainnya juga dapat menyebabkannya.
ISK adalah jenis infeksi kedua yang paling umum terjadi pada tubuh manusia. Mereka terjadi lebih sering pada wanita, tapi bisa juga menyerang pria.
Wanita memiliki uretra lebih pendek, sehingga lebih mudah bakteri masuk ke dalam kandung kemih. Diperkirakan 40 sampai 60 persen wanita akan memiliki setidaknya satu ISK seumur hidup mereka.
Infeksi saluran kencing pada pria sering dikaitkan dengan pembesaran prostat (benign prostatic hypertrophy) yang menghalangi aliran urine, yang memungkinkan bakteri memiliki waktu lebih mudah untuk menempati dan berkembang biak di saluran kemih.
Pada hampir 90 persen kasus, ISK disebabkan oleh E. coli (Escherichia coli), bakteri yang biasanya ditemukan di dalam usus. Bila terbatas pada usus, itu tidak berbahaya. Tapi terkadang bakteri ini masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
Seks dapat memicu ISK pada wanita karena hubungan seksual dapat memindahkan bakteri dari daerah anus ke dekat pembukaan uretra. Wanita dapat menurunkan risiko infeksi dengan membersihkan area genital sebelum melakukan aktivitas seksual, dan dengan kencing sesudahnya.
Menggunakan spermisida, diafragma, dan kondom juga meningkatkan risiko ISK. Resikonya lebih tinggi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah pula.
Mengapa antibiotik kadang tidak bekerja
Sebagian besar ISK tidak serius. Tapi jika tidak diobati, infeksi bisa menyebar ke ginjal dan aliran darah dan menjadi mengancam jiwa. Infeksi ginjal dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan jaringan parut ginjal. Terkadang, infeksi saluran kencing tidak sembuh setelah mendapatkan pengobatan, mengapa demikian?
Resistensi Antibiotik, mengapa terjadi?
Bila antibiotik tertentu diresepkan berulang kali, bakteri yang mereka targetkan dapat resisten/kebal terhadapnya.
Dua juta orang per tahun di Amerika Serikat terinfeksi bakteri yang resisten terhadap antibiotik.
Gejala ISK biasanya membaik dalam dua sampai tiga hari setelah memulai terapi antibiotik, walaupun banyak dokter meresepkan antibiotik setidaknya selama tujuh hari.
Beberapa ISK tidak sembuh setelah terapi antibiotik. Bila obat antibiotik tidak menghentikan bakteri penyebab infeksi, bakteri akan terus bertambah banyak.
Resistensi antibiotik sering disebabkan oleh penyalahgunaan antibiotik  atau penggunaan secara berlebihan. Hal ini bisa terjadi bila antibiotik yang sama diresepkan berulang kali untuk ISK rekuren. Karena risiko ini, para ahli telah mencari cara untuk mengobati ISK tanpa antibiotik.
APAKAH ANTIBIOTIK BISA DITINGGALKAN?
Sejauh ini, studi pendahuluan telah menjanjikan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ISK dapat diobati tanpa antibiotik tradisional dengan menargetkan komponen permukaan E. coli untuk adhesi, FimH.
Biasanya, saluran kemih menyiram bakteri saat Anda buang air kecil. Namun menurut peneliti, FimH dapat menyebabkan E. coli melekat erat pada sel-sel di saluran kemih. Dan karena cengkeraman yang ketat ini, sulit bagi tubuh untuk secara alami menyiram bakteri dari saluran kemih.
Baru-baru ini, para periset telah mempelajari kemungkinan penggunaan D-mannose dan zat-zat yang mengandung mannose lainnya untuk menghalangi pengikatan FimH ke lapisan uroepitel bakteri.
Periset juga saat ini sedang menguji obat penguat kekebalan tubuh, yang bisa membantu sel-sel saluran kemih menjadi lebih tahan terhadap infeksi.
 pengobatan isk tanpa antibiotik dokter 
Beberapa herbal dan cara alami dapat dipilih untuk mengobati ISK. Herbal dapat dipilih sebagai pendamping pengobatan medis, atau dipilih sebagai fase awal sebelum pengobatan medis. Jika setelah mengkonsumsi herbal tak membaik, dianjurkan untuktetap periksa kepada petugas kesehatan. 
Herbal yang dapat digunakan antara lain:
1. Cranberry
Cranberries  mengandung bahan yang menghentikan bakteri menempel ke dinding saluran kemih. Anda bisa mengurangi risiko ISK  dengan mengkonsumsi jus cranberry tanpa pemanis, atau dengan mengemil cranberry kering. Namun, jangan minum jus cranberry jika Anda mengonsumsi obat NSAID seperti aspirin.
2. Minum banyak air
Meski kencing bisa terasa sakit saat Anda terkena ISK, penting untuk minum sebanyak mungkin cairan, terutama air. Semakin banyak Anda minum, semakin banyak Anda akan buang air kecil. Kencing membantu menyiram bakteri berbahaya dari saluran kemih sehingga bakteri akan keluar dari saluran kencing.
3. Jangan pernah menahan kencing
Menahan urin atau mengabaikan keinginan untuk buang air kecil dapat memungkinkan bakteri berkembang biak di saluran kemih Anda. Jadi, segera kencing saat muncul dorongan untuk buang air.
4. Makan bawang putih
Meskipun tidak banyak penelitian tentang bagaimana bawang putih dapat membantu ISK, satu penelitian menemukan bahwa bawang putih dapat berfungsi sebagai antioksidan kuat, anti-inflamasi, dan penguat sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu Anda melawan ISK.
5. Cobalah cuka sari apel
Cuka sari apel membuat asam urin dan menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga mempermudah penggumpalan bakteri dari saluran kemih. Tapi cuka sangat asam dan bisa merusak enamel gigi, jadi jangan menggunakannya sebagai terapi jangka panjang. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menggunakan cuka sari apel jika Anda mengonsumsi obat diabetes mellitus atau penyakit jantung.
6. Konsumsi lebih banyak vitamin C
Meningkatkan asupan vitamin C Anda dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih. Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda bisa melawan infeksi.
ISK sangat menyakitkan, namun dengan pengobatan, Anda bisa mengatasi infeksi dan mencegah infeksi berulang. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki gejala ISK.
7. Madu
Madu merupakan sumber pengobatan alami di Indonesia yang sudah sangat terkenal. Khasiat madu yang sangat banyak sehingga madu dikatakan sebagai obat segala penyakit.

Madu juga memiliki khasiat menyembuhkan infeksi saluran kencing karena memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Diduga madu juga memiliki khasiat sebagaimana antibiotik.

Sebagian peneitian juga menyatakan bahwa madu memiliki khasiat yang lebih baik daripada antibiotik karena tidak menjadikan kuman penyakit resisten atau kebal. Ini berbeda dengan antibiotik yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama menyebabkan kuman resisten atau kebal.

Cara mengobati ISK dengan madu sangat mudah. Sahabat advicena dapat meminum 2 sendok madu pagi dan sore. Atau sahabat dapat juga mengencerkan madu dengan air minum.
Banyak yang sudah mencoba dan menyatakan madu ampuh untuk mengobati ISK.

8. Nanas

Buah nanas memiliki kandungan bromelain yang berfungsi sebagai anti peradangan. Ini akan mengurangi rasa sakit pada ISK.

Nanas dapat digunakan sebagai pelengkap adalam mengobati ISK beserta obat dokter atau obat herbal lainya.

Nanas juga adapat digunakan sebagai tindakan pencegahan ISK, dengan cara mengkonsumsinya sesering mungkin.

9. Daun Kumis Kucing

Tanaman yang satu ini sudah dikenal sejak lama sebagai obat yang berkaitan dengan masalah saluran kencing sampai dengan ginjalnya. Jika kita menelusuri sejarah pengobatan herbal, anda akan menemukan kumis kucing sebagai obat segala masalah saluran kencing di semua buku herbal Indonesia.

Cara mengobati ISK dengan daun kumis kucing cukup mudah.
Caranya sebagai berikut:

1. Sediakan segenggam daun kumis kucing.
2. Cuci bersih daun tersebut dan tiriskan.
3. Rebus air putih kurang lebih 3 gelas sampai mendidih.
4. Masukkan daun kumis kucing kedalam rebusan air mendidih kemudian tutup.
5. Rebus sampai tersisa sekitar 1-2 gelas.
6. Minum pagi dan sore satu gelas.
7. Sahabat advicena dapat menambahkan gula jika mau.

Dengan perawatan yang tepat, Anda harus mulai merasa lebih baik dalam beberapa hari. Ambil antibiotik Anda sesuai petunjuk - bahkan setelah gejala Anda membaik - untuk mencegah komplikasi atau infeksi sekunder.
Jika ISK tidak sembuh setelah pengobatan antibiotik, atau Anda berakhir dengan beberapa episode ISK, dokter Anda kemungkinan akan melakukan pengujian lebih lanjut. Ini bisa berupa kultur urin berulang, ultrasound saluran kencing, sinar-X film polos, CT scan, sistoskopi, atau tes urodinamik. Anda mungkin dirujuk ke ahli urologi, tergantung pada seberapa kronis atau beratnya ISK Anda.
ANDA PERLU BACA JUGA:

Nah, sahabat advicena sudah sangat jelas kan? jangan lupa share info bermanfaat ini ya.

Salam sehat.


EmoticonEmoticon