BAHAYA TERLALU BANYAK KONSUMSI SUPLEMEN VITAMIN C BAGI KESEHATAN

bahaya suplemen vit c


Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting yang berlimpah di banyak buah dan sayuran.

Mendapatkan cukup vitamin ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. VITAMIN C juga bermanfaat dalam penyembuhan luka, menjaga tulang Anda tetap kuat dan meningkatkan fungsi otak (1).

Menariknya, beberapa orang mengklaim bahwa suplemen vitamin C memberikan manfaat melebihi yang bisa didapat dari vitamin C yang ditemukan dalam makanan.

Salah satu alasan paling umum mengapa orang mengkonsumsi suplemen vitamin C adalah untuk menegah flu (2).

Namun, banyak suplemen mengandung vitamin dalam jumlah sangat tinggi, yang dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan dalam beberapa kasus.

Artikel ini membahas keamanan mengkonsusmsi vitamin C, dan bagaimanakah dampak mengkonsumsi vitamin C dalam dosis besar.

Vitamin C Dapat Larut Air dan Tidak Disimpan di Tubuh

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air. Dengan demikian vitamin C dapat hilang atau masuk bersama dengan air.

Berbeda dengan vitamin yang larut dalam lemak, vitamin yang larut dalam air tidak tersimpan di dalam tubuh.

Sebagai gantinya, vitamin C yang Anda konsumsi dibawa ke sel tubuh Anda melalui cairan tubuh, dan dikeluarkan melalui urin atau air kencing (1).

Karena tubuh Anda tidak menyimpan vitamin C atau membuatnya sendiri, maka penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C setiap hari (1).

Namun, suplemen dengan jumlah vitamin C yang tinggi dapat menyebabkan efek samping, seperti gatal dan batu ginjal.
Itu karena jika Anda membebani tubuh Anda dengan dosis vitamin di atas normal, itu akan mulai menumpuk, berpotensi menyebabkan gejala overdosis (3).

Penting untuk dicatat bahwa, tidak perlu bagi kebanyakan orang untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, karena Anda dapat dengan mudah mendapatkan dengan mengonsumsi makanan segar, terutama buah dan sayuran (1).

Vitamin C larut dalam air, sehingga tidak tersimpan dalam tubuh Anda. Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh Anda, itu akan dikeluarkan dalam urin Anda.

Terlalu Banyak Vitamin C Dapat Menyebabkan Masalah Pencernaan
Efek samping yang paling umum dari asupan vitamin C yang tinggi adalah gangguan pencernaan.

Secara umum, efek samping ini tidak terjadi karena mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C, melainkan dari mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.

Kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah pencernaan jika Anda mengkonsumsi lebih dari 2.000 mg sekaligus. Dengan demikian, paling banyak konsumsi vitamin C adalah  2.000 mg per hari berdasarkan penelitian (1, 3, 4, 5). Namun perlu diingat, ini adalah batas atas. Artinya batas ini sudah harus dijauhi.

Gejala pencernaan yang paling umum dari asupan vitamin C yang berlebihan adalah diare dan mual.

Jika Anda mengalami masalah pencernaan akibat mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C, cukup mengurangi dosis suplemen Anda, atau hindari suplemen vitamin C sama sekali (3, 4, 5).

Mengkonsumsi lebih dari 2.000 mg vitamin C per hari dapat menyebabkan gangguan pada gastrointestinal, termasuk gejala seperti diare dan mual.

vitamin c menyebabkan tubuh kelebihan zat besi

Vitamin C diketahui meningkatkan penyerapan zat besi.

Ini memiliki kemampuan untuk mengikat besi non-heme, yang ditemukan pada makanan nabati (sayuran). Besi non-heme tidak diserap tubuh Anda seefisien heme iron, jenis besi yang ditemukan pada produk hewani (6).

Setelah vitamin C berikatan dengan besi non-heme, akan mengubah besi non-heme menjadi besi heme, sehingga lebih mudah diserap tubuh Anda. Ini adalah fungsi penting, terutama bagi individu yang mendapatkan sebagian besar zat besi dari makanan nabati (7).

Penelitian yang dilakukan pada orang dewasa menemukan bahwa penyerapan zat besi meningkat sebesar 67% saat mereka mengkonsumsi 100 mg vitamin C dengan makanan (8).

Namun, individu dengan kondisi yang meningkatkan risiko akumulasi zat besi dalam tubuh, seperti hemochromatosis, harus berhati-hati dengan suplemen vitamin C.

Dalam keadaan seperti ini, mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan zat besi, yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada hati, jantung, pankreas, tiroid dan sistem saraf pusat (9, 10, 11).

Kelebihan zat besi terjadi pada kondisi konsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen. Dan sangat jarang terjadi pada mereka yang mendapatkan vitamin C dari sayur dan buah.

Karena vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi, mengkonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan akumulasi besi di dalam tubuh.

KONSUMSI DOSIS TINGGI SEBABKAN BATU GINJAL

Vitamin C dikeluarkan dari tubuh sebagai oksalat, produk limbah tubuh.

Oxalate biasanya keluar dari tubuh melalui urine/air kencing. Namun, dalam beberapa keadaan, oksalat dapat mengikat mineral untuk membentuk kristal yang bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal (12).

Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C berpotensi meningkatkan jumlah oksalat dalam urin Anda, sehingga meningkatkan risiko pengembangan batu ginjal (13).

Dalam sebuah penelitian yang meminta orang dewasa mengkonsumsi suplemen vitamin C 1.000 mg dua kali sehari selama enam hari, jumlah oksalat yang dikeluarkannya meningkat sebesar 20% (13).

Tidak hanya asupan vitamin C tinggi yang terkait dengan jumlah oksalat urin dalam jumlah yang lebih banyak, hal itu juga dikaitkan dengan perkembangan batu ginjal, terutama jika Anda mengkonsumsi lebih dari 2.000 mg (6, 14).

GAGAL GINJAL

Gagal ginjal juga telah dilaporkan terjadi pada seseorang yang mengkonsumsi vitami C lebih dari 2000 mg perhari. Walaupun kejadina ini sangat jarang terjadi khususnya pada orang yang  sehat. Namun perlu diingat kita tidak mengetahui seberapa sehat ginjal kita sekarang. Sehingga mengurangi konsumsi suplemen vit C akan lebih aman buat anda (15).

Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C dapat meningkatkan jumlah oksalat di ginjal Anda, yang berpotensi menyebabkan batu ginjal.

BATAS KONSUMSI VITAMIN C

Karena vitamin C larut dalam air dan tubuh Anda mengeluarkan kelebihan jumlah tersebut dalam beberapa jam setelah Anda mengonsumsinya, maka tidak terlalu bermanfaat anda mengkonsumsi vit C dosis besar.

Pada orang sehat, setiap tambahan vitamin C yang dikonsumsi di atas jumlah yang dibutuhkan tubuh, akan hilang dari tubuh (16).

Semua efek buruk vitamin C, termasuk gangguan pencernaan dan batu ginjal, nampaknya terjadi ketika orang memakainya dalam dosis mega lebih dari 2.000 mg (20).

Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi suplemen vitamin C, yang terbaik adalah memilih yang mengandung tidak lebih dari 100% kebutuhan harian Anda. Kebutuhan harian vitamin C adalah 90 mg sehari untuk pria dan 75 mg sehari untuk wanita (21).

Dosis aman kebutuhan vitamin C harian adalah tidak lebih dari 90 mg sehari jika Anda seorang pria, atau 75 mg sehari jika Anda wanita.

Nah sudah sangat jelas kan sahabat advicena. Untuk keamanan lebih baik hindari konsumsi suplemen vitamin C, khususnya dosis besar.

Konsumsi vit C dari sayur dan buah jauh lebih aman untuk kesehatan anda.

BACA JUGA:
Penyebab tulang keropos pemuda saat ini
11 alasan diet tidak berhasil

Jangan lupa share artikel ini ya. Agar semakin banyak yang mengambil manfaat.

Salam sehat.

Sumber:
  1.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3783921/
  2.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23440782
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15817846
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6364356
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15150630
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2507689
  7. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15743017
  8. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10799377
  9. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2507711
  10. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10218143
  11. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2516548/
  12. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3192488/
  13.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1472830/
  14. http://ajcn.nutrition.org/content/82/2/488.full
  15. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18714631
  16.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3783921/
  17. http://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/1966/2
  18. http://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2896/2
  19. http://ajcn.nutrition.org/content/82/2/488.full
  20. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15817846
  21. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/


EmoticonEmoticon