SEMUA YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG INFEKSI SALURAN KEMIH


Apa itu ISK?

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi dari mikroba. Ini adalah organisme yang terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop. Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri, namun beberapa disebabkan oleh jamur dan jarang terjadi oleh virus. ISK adalah salah satu infeksi yang paling umum terjadi pada manusia. Di Indonesia, sebagian orang menyebut ISK dengan anyang-anyangan.

ISK dapat terjadi di saluran kemih Anda. Saluran kencing Anda terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar ISK hanya melibatkan uretra dan kandung kemih, pada saluran bawah. Namun, ISK dapat melibatkan ureter dan ginjal, di saluran atas. Meskipun ISK bagian atas lebih jarang terjadi daripada ISK bagian bawah, biasanya juga lebih parah.

GEJALA ISK

Gejala ISK tergantung pada bagian saluran kencing mana yang terinfeksi.

ISK pada bagian bawah mempengaruhi uretra dan kandung kemih. Gejala UTI saluran bawah meliputi:

1. Rasa terbakar saat buang air kecil
2. Sering kencing, tapi air seni yang keluar sedikit-sedikit.
3. Rasa tak tertahankan saat ingin kencing.
4. Air kencing berdarah.
5. Air kencing terlihat seperti cola atau teh
6. Bau kencing sangat menyengat
7. Nyeri panggul pada wanita
8. Nyeri rektum pada pria

ISK saluran atas mempengaruhi ginjal. Ini bisa berpotensi mengancam jiwa jika bakteri berpindah dari ginjal yang terinfeksi ke dalam darah. Kondisi ini, yang disebut urosepsis, dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, syok, dan kematian.

isk

Gejala ISK bagian atas meliputi:

1 Rasa sakit dan nyeri tekan di punggung atas dan samping
2 Menggigil
3 Demam tinggi
4 Mual
5 Muntah

PENGOBATAN

Pengobatan ISK tergantung pada penyebabnya. Dokter Anda akan dapat menentukan organisme mana yang menyebabkan infeksi dari hasil tes yang digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Dalam kebanyakan kasus, penyebabnya adalah bakteri. ISK yang disebabkan oleh bakteri diobati dengan antibiotik.
Dalam beberapa kasus, virus, atau jamur adalah penyebabnya. Viral ISK diobati dengan obat yang disebut antivirus. Seringkali, cidofovir antivirus adalah pilihan untuk mengobati ISK virus. ISK jamur diobati dengan obat-obatan yang disebut antijamur.

ANTIBIOTIK UNTUK ISK

Bentuk antibiotik yang digunakan untuk mengobati ISK bakteri biasanya tergantung pada bagian mana dari saluran yang terlibat. Saluran bawah ISK biasanya dapat diobati dengan antibiotik oral. ISK saluran atas memerlukan antibiotik intravena. Antibiotik ini dimasukkan langsung ke pembuluh darah Anda.

Terkadang, bakteri mengembangkan resistensi terhadap antibiotik. Hasil dari kultur urin Anda dapat membantu dokter Anda memilih perawatan antibiotik yang akan bekerja paling baik melawan jenis bakteri yang menyebabkan infeksi Anda.

Pengobatan selain antibiotik untuk ISK bakteri sedang diperiksa. Pada beberapa titik, pengobatan ISK tanpa antibiotik dapat menjadi pilihan untuk bakteri ISK dengan menggunakan kimia sel untuk mengubah interaksi antara tubuh dan bakteri.

Pengobatan mandiri dirumah

Tidak ada pengobatan di rumah yang bisa menyembuhkan ISK, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu pengobatan Anda bekerja lebih baik.

Pengobatan rumahan untuk ISK dapat membantu tubuh Anda membersihkan infeksi lebih cepat. Jus cranberry tidak mengobati ISK seketika saat diminum. Namun, zat kimia dalam cranberry dapat membantu mencegah beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan ISK.

Isk yang tidak diobati

Penting untuk mengobati ISK sejak awal terkena. ISK yang tidak diobati menjadi semakin parah dan semakin jauh mereka menyebar. ISK pada saluran bawah jauh lebih mudah diobati. Infeksi yang menyebar ke saluran kencing bagian atas jauh lebih sulit diobati dan lebih mudah menyebar ke dalam darah Anda, menyebabkan sepsis. Ini adalah peristiwa yang mengancam jiwa.

Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki ISK, hubungi dokter Anda sesegera mungkin. Pemeriksaan sederhana dan tes urine atau darah bisa menghindarkan anda dari banyak masalah kesehatan dalam jangka panjang.

PENYEBAB DAN RESIKO

Apa pun yang mengurangi pengosongan kandung kemih Anda atau mengganggu saluran kemih dapat menyebabkan ISK. Ada juga banyak faktor yang dapat membuat Anda berisiko tinggi terkena ISK. Faktor-faktor ini meliputi:

1 Usia - orang tua lebih mudah terkena ISK
2 Orang yang tidak bisa beraktifitas
3 ISK sebelumnya
4 Hambatan saluran kemih atau penyumbatan, seperti pembesaran prostat, batu ginjal, dan bentuk kanker tertentu 
5 Penggunaan kateter urin berkepanjangan, yang dapat mempermudah bakteri masuk ke kandung kemih Anda
6 Diabetes, terutama jika kurang terkontrol, yang mungkin membuat Anda lebih mungkin terkena ISK
7 Kehamilan
8 Struktur saluran kencing yang tidak normal berkembang sejak lahir
9 Sistem kekebalan tubuh yang lemah

RISIKO UNTUK PRIA

Sebagian besar faktor risiko ISK untuk laki-laki sama dengan perempuan. Namun, memiliki pembesaran prostat merupakan salah satu faktor risiko ISK yang khusus bagi pria.

RISIKO PEREMPUAN

Ada faktor risiko tambahan bagi wanita. Beberapa faktor yang dulunya diyakini sebagai penyebab ISK pada wanita ternyata saat ini tidak terbukti, seperti kebersihan kamar mandi yang buruk. Beberapa hal yang penting antara lain:

Uretra lebih pendek

Panjang dan letak uretra pada wanita meningkatkan kemungkinan ISK. Uretra pada wanita sangat dekat dengan vagina dan anus. Bakteri yang mungkin terjadi secara alami di sekitar vagina dan anus dapat menyebabkan infeksi di saluran kencing dan bagian saluran kemih lainnya.
Uretra wanita juga lebih pendek dari pada pria, dan bakteri memiliki jarak yang lebih pendek untuk melakukan perjalanan memasuki kandung kemih.

Hubungan seksual

Tekanan pada saluran kemih wanita saat melakukan hubungan seksual dapat memindahkan bakteri dari sekitar anus ke dalam kandung kemih. Kebanyakan wanita memiliki bakteri dalam urine setelah melakukan hubungan intim.

Namun, tubuh biasanya bisa menyingkirkan bakteri ini dalam waktu 24 jam. Bakteri usus mungkin memiliki sifat yang memungkinkan mereka dapat menempel pada kandung kemih.

Spermisida

Spermisida dapat meningkatkan risiko ISK. Mereka bisa menyebabkan iritasi kulit pada beberapa wanita. Hal ini meningkatkan risiko bakteri memasuki kandung kemih.

Penggunaan kondom saat berhubungan seks

Kondom lateks yang tidak dilumasi dapat meningkatkan gesekan dan mengiritasi kulit wanita saat melakukan hubungan seksual. Hal ini dapat meningkatkan risiko ISK.

Diafragma

Diafragma dapat memberi tekanan pada uretra wanita. Hal ini bisa menurunkan pengosongan kandung kemih.

Penurunan kadar estrogen

Setelah menopause, penurunan kadar estrogen Anda akan mengubah bakteri normal di vagina Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko ISK.

PENCEGAHAN

Setiap orang dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mencegah ISK:

1 Minumlah enam sampai delapan gelas air setiap hari.
2 Jangan menahan air kencing dalam jangka waktu yang lama.

ISK kronis

Sebagian besar ISK sembuh setelah perawatan. ISK kronis adalah ISK yang tidak juga sembuh setelah perawatan atau tetap berulang. ISK berulang bisanya terjadi pada wanita.

Banyak kasus ISK berulang berasal dari infeksi  dengan jenis bakteri yang sama.

ISK selama kehamilan

Wanita yang sedang hamil dan memiliki gejala ISK harus segera menemui dokter mereka. ISK selama kehamilan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan persalinan prematur. ISK selama kehamilan juga cenderung menyebar ke ginjal.

BACA JUGA:

Nah sahabat advicena, sudah sangat jelas kan jangan lupa share ya.

Sumber:


EmoticonEmoticon