18 Makanan Yang Bisa Menyelamatkan Jantung Anda

18 Makanan Yang Bisa Menyelamatkan Jantung Anda

Rempah segar
Tambahkan rempah segar kedalam makanan anda, kurangi garam, penyedap rasa buatan, gula, dan lemak. Rempah akan memberikan rasa nikmat masakan anda tanpa akibat buruk bagi kesehatan anda. Memilih rempah ketimbang penyedap buatan pabrik, adalah langkah cerdas bagi jantung anda.
Kacang hitam
Kacang hitam memiliki rasa yang enak dan unik. Kacang hitam juga baik bagi jantung anda. Kacang hitam mamiliki kandungan nutrisi yang baik bagi jantung antara lain asam folat, antioksidan, dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Serat pada kacang hitam membantu mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah.
Salmon
Makanan terbaik bagi kesehatan jantung saat ini adalah ikan salmon. Ikan salmon kaya akan omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan ritme jantung dan menurunkan tekanan darah. Omega 3 juga menurunkan trigliserida dan mengurangi peradangan. American Heart Association merekomendasikan dua porsi ikan salmon atau ikan berminyak lainnya dalam seminggu.
Tuna
Ikan tuna lebih mudah didapat dan harganya juga lebih murah. Ikan tuna juga memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Albacore (tuna putih) memiliki lebih banyak omega-3 dibanding varietas tuna lainnya. Sumber omega-3 lainnya juga bisa kita dapatkan dari mackerel, ikan herring, ikan trout, ikan sarden, dan ikan teri. Untuk jenis ikan di Indonesia, saat ini belum banyak di teliti, kecuali tuna dan teri.
Minyak zaitun
Minyak zaitun mengadung lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Ini kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Mereka dapat melindungi pembuluh darah Anda. Jika anda menggunakan minyak zaitun untuk menggantikan lemak jenuh (seperti mentega), hal ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Cobalah konsumsi minyak zaitun pada salad dan sayuran yang dimasak, atau dengan roti.
Kenari
Sejumlah kecil kenari bisa menurunkan kadar kolesterol Anda. Kenari juga bisa melindungi arteri jantung Anda dari peradangan. Kenari memiliki kandungan omega-3 yang banyak, memiliki lemak sehat yang disebut lemak monounsaturated, sterol, dan serat.
Kacang almond
Kacang almon cocok dikonsumsi dengan sayuran, ikan, ayam, dan atau digunakan sebagai makanan pencuci mulut. Kacang almon memiliki kandungan sterol, serat, dan lemak sehat. Kacang Almond dapat membantu menurunkan kolesterol jahat ditubuh anda. Konsumsi segenggam kacang almon setiap hari sangat baik bagi kesehatan anda.
Kedelai/Edamame
Edamame adalah kata Jepang untuk kedelai. Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Secangkir edamame juga memiliki 8 gram serat yang sehat bagi jantung. Jika tidak ada edamame, kedelai rebus pun baik bagi kesehatan jantung anda.
Tahu
Siapa sangka tahu juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi jantung kita. Konsumsi tahu akan menjadikan kita memperoleh nutrisi protein kedelai, serat, dan lemak tak jenuh ganda. Ini adalah lemak yang baik bagi kesehatan anda. Tahu juga bisa dimasak dengan berbagai macam kreasi sesuai selera anda. Yang penting jangan melupakan prinsip sehat memasak.
Ubi jalar
Ubi jalar baik bagi kesehatan kita juga lho. Ubi jalar memiliki kandungan serat yang tinggi. Ubi jalar juga mengandung vitamin A, dan lycopene. Kesemuanya menjadikan manfaat ubi jalar lengkap bagi kesehatan kita.
Jeruk
Manis dan segar, itulah rasa buah jeruk. Jeruk memiliki kandungan potasium, yang membantu mengendalikan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, 2 cangkir jus jeruk sehari meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Konsumsi Orange Juice juga menurunkan tekanan darah pada pria. Sebuah jeruk ukuran sedang memiliki kandungan 62 kalori dan 3 gram serat.
Sayuran hijau
Sayuran hijau biasanya kaya potasium dan magnesium. Mineral ini membantu mengendalikan tekanan darah. Sayuran hijau  juga memiliki serat yang sehat bagi jantung, vitamin A, dan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Jangan lupakan sayuran hijau setiap hari bagi keluarga anda.
Bluberi
Bluberi memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Bluberi mengandung antosianin, antioksidan yang membantu menyehatkan pembuluh darah. Antioksidan tersebut memberi buah beri warna biru tua. Blueberry juga memiliki serat yang tinggi.
Pisang
Pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Selain rasanya nikmat, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi rutin setidaknya 2 buah setiap hari. Dengan tekanan darah yang terkontrol, maka hal itu baik bagi kesehatan jantung anda.
Apel
Buah apel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat tinggi pada apel akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu serat juga baik bagi kesehatan pencernaan anda. Konsumsi buah pagi hari sebelum anda konsumsi makanan lain sangat baik bagi kesehatan kita.
Tempe
Penelitian diluar negri tidak menyebutkan tempe sebagai makanan yang baik bagi jantung. ini karena di luar negri jarang ditemukan tempe. Tempe memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Kandungan protein kedelai sangat baik bagi kesehatan tubuh dan jantung kita. Sayangnya, nutrisi kedelai seringkali rusak karena penggorengan. Akan lebih baik jika kita memasak tidak dengan menggoreng.
Baca Juga:
Jeruk nipis 
Jeruk nipis telah terbukti memiliki kemampuan dalam menurunkan lemak. Penurunan lemak dalam darah akan menyehatkan pembuluh darah anda. Konsumsi jeruk nipis di pagi hari dengan dicampurkan pada segelas air dapat digunakan sebagai media menurunkan berat badan. 



EmoticonEmoticon