Manfaat Luar biasa Mengkonsumsi Cangkang Telur

Bagi sebagian orang, untuk mendapatkan cukup kalsium bisa mereka dapatkan dengan mudah dari makanan.
Namun bagi sebagian yang lain, untuk memenuhi kebutuhan harian saja tidak tercukupi. Hal ini dikarenakan sedang menjalani diet ketat, kekurangan makanan sumber kalsium, atau karena tidak mengetahui sumber kalsium yang bisa dikonsumsi.
Bagi orang-orang ini, sumber kalsium yang murah seperti kulit telur akan sangat berguna.
Di negara kita, memang makan cangkang telur merupakan hal yang tidak wajar. Hal ini karena kebanyakan masyarakat tidak mengetahui akan manfaat cangkang telur. Juga masyarakat tidak mengetahui bahwa cangkang telur bisa dikonsumsi.
Belum lagi, Mengkonsumsi cangkang telur juga memiliki manfaat untuk mengurangi limbah dapur kita.
Artikel ini membahas tentang risiko dan manfaat dari suplemen cangkang telur bagi kesehatan kita.
Apa itu cangkang telur?

manfaat dan bahaya cangkang telur


Cangkang telur adalah penutup telur yang keras di bagian luar. Sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat, suatu bentuk kalsium yang umum. Sisanya terdiri dari protein dan mineral lainnya (1).
Kalsium adalah mineral penting yang berlimpah dalam banyak makanan, termasuk produk susu. Jumlah yang lebih rendah juga ditemukan di banyak sayuran hijau dan umbi-umbian.
Dalam beberapa dekade terakhir, serbuk cangkang telur yang diproses dari telur ayam telah digunakan sebagai suplemen kalsium alami. Cangkang telur mengandung kalsium sekitar 40%, dengan tiap gram cangkang telur mengandung kalsium sekitar 381-401 mg (2, 3).
Setengah cangkang telur bisa mencukupi kebutuhan harian orang dewasa akan kalsium, yaitu 1.000 mg per hari (2, 4).
RINGKASAN
Cangkang telur biasanya digunakan sebagai suplemen kalsium. Hanya dengan setengah cangkang telur, bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian rata-rata orang dewasa.

Suplemen Kalsium yang Efektif
Kulit atau cangkang telur tersusun dari kalsium karbonat, bersama dengan sejumlah kecil protein dan senyawa organik lainnya.
Kalsium karbonat adalah bentuk paling banyak kalsium di alam. Kalsium krbonat terdapat pada cangkang kerang, terumbu karang dan batu kapur. Ini juga merupakan bentuk kalsium termurah dan paling banyak tersedia dalam suplemen.
Studi pada hewan memastikan bahwa kulit telur adalah sumber kalsium yang kaya. Selain itu, mereka diserap seefektif kalsium karbonat murni (2, 5, 6).
Beberapa penelitian bahkan menunjukkan penyerapannya lebih baik daripada suplemen kalsium karbonat yang dimurnikan.
Sebuah studi pada sel-sel yang terisolasi menemukan bahwa penyerapan kalsium hingga 64% lebih besar dari bubuk cangkang telur dibandingkan dengan kalsium karbonat murni. Ini diduga karena adanya kandungan protein pada cangkang telur yang menjadikanya mudah untuk diserap (1).
Selain kalsium dan protein, kulit telur juga mengandung sejumlah kecil mineral lainnya, diantaranya strontium, fluoride, magnesium dan selenium. Sama seperti kalsium, mineral ini juga berperan dalam kesehatan tulang (3, 7, 8, 9, 10).
RINGKASAN
Beberapa bukti menunjukkan bahwa kalsium dalam cangkang telur diserap lebih baik dari pada kalsium karbonat murni, menjadikannya sebagai suplemen kalsium yang efektif.

Mengurangi Resiko Osteoporosis
Osteoporosis adalah kondisi kesehatan yang ditandai dengan tulang keropos dan peningkatan risiko patah tulang. Pada tahun 2010, osteoporosis menyerang sekitar 54 juta orang tua di Amerika (11).
Usia tua adalah salah satu faktor risiko osteoporosis terkuat, namun asupan kalsium yang tidak memadai juga dapat menyebabkan tulang keropos dari waktu ke waktu.
Jika diet Anda kekurangan kalsium, konsumsi suplemen dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Bubuk cangkang telur adalah pilihan yang murah.
Penelitian pada wanita pascamenopaus dengan osteoporosis menemukan bahwa mengkonsumsi cangkang telur, bersama dengan vitamin D3 dan magnesium, memperkuat tulang mereka secara signifikan dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang (12).
Bubuk telur bahkan lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis daripada kalsium karbonat yang dimurnikan.
Sebuah studi di Belanda, pada wanita postmenopause menemukan bahwa bubuk cangkang telur meningkatkan kepadatan mineral tulang di leher. Sebaliknya, kalsium karbonat yang dimurnikan tidak meningkatkan kepadatan tulang secara signifikan (13).
RINGKASAN
Mengambil bedak telur bisa memperbaiki kekuatan tulang pada penderita osteoporosis. Satu studi menunjukkan bahwa hal itu mungkin lebih efektif daripada suplemen kalsium karbonat yang dimurnikan.

Selaput Cangkang Juga Bermanfaat
Selaput cangkang telur berada di antara cangkang telur dan putih telur. Hal ini mudah terlihat saat Anda mengupas telur rebus.
Walaupun bukan bagian dari cangkang telur, selaput telur biasanya menempel pada cangkang telur. Saat membuat serbuk cangkang di rumah, anda tidak perlu membuang selaput telur tersebut.
Penyususn utama selaput telur adalah protein dalam bentuk kolagen. Ini juga mengandung sejumlah kecil kondroitin sulfat, glukosamin dan nutrisi lainnya.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan suplemen membran kulit telur secara teratur dapat bermanfaat bagi persendian Anda. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi keefektifan potensinya (14, 15, 16, 17).
RINGKASAN
Selaput cangkang telur memisahkan kulit telur dari putih telur. Suplemen yang terbuat dari selaput cangkang memberikan nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan sendi.

Risiko Mengkonsumsi Cangkang Telur
Bila dibuat dengan benar, serbuk cangkang telur aman dikonsumsi. Ada beberapa hal yang perlu diingat.
Pertama, jangan mencoba menelan potongan besar cangkang telur karena bisa melukai tenggorokan dan kerongkongan Anda. Bagian berikut memberi Anda beberapa tip tentang cara menggiling kulit telur menjadi bubuk.
Kedua, kulit telur bisa terkontaminasi bakteri, seperti Salmonella enteritidis. Untuk menghindari risiko kontaminasi, pastikan untuk merebus cangkang telur sebelum menggiling cangkangnya (18, 19).
Suplemen kalsium alami mungkin mengandung logam beracun yang relatif tinggi, termasuk timbal, aluminium, kadmium dan merkuri (20).
Namun, jumlah unsur beracun ini di kulit telur cenderung lebih rendah daripada sumber kalsium alami lainnya, seperti kerang tiram, dan pada umumnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan (3, 21).
RINGKASAN
Untuk mencegah risiko cedera atau infeksi, kulit telur harus direbus dan digiling menjadi bubuk sebelum Anda memakannya.

Cara Membuat Supemen Cangkang Telur
Anda bisa membuat suplemen cangkang telur Anda sendiri di rumah atau membeli serbuk cangkang telur di toko makanan atau apotik.
Bubuk telur bisa dibuat di rumah menggunakan penggerus obat. Bisa juga dibuat menggunakan blender dan saringa,n untuk menyaring partikel yang lebih besar.
Pastikan untuk menggiling kulit telur menjadi bubuk atau fragmen sangat kecil sebelum memakannya.
Jika Anda berencana untuk menyimpan serbuk tersebut untuk digunakan nanti, pastikan anda mengeringkan cangkang sebelum menghancurkanya.
Anda kemudian bisa menambahkan serbuk cangkang ke makanan atau mencampurnya dengan air atau jus. Penelitian menyimpulkan bahwa beberapa makanan terbaik untuk ditambahkan serbuk cangkang telur adalah roti, spaghetti, pizza, tepung roti, dan daging goreng (2). Ini karena penelitian ini dilakukan di A merika. Sehingga jenis makanannya pun jenis makanan disana. Jika di Negara kita, kita bisa berkreasi sendiri pada makanan apa.
Kira-kira 2,5 gram cangkang telur akan memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa.
RINGKASAN
Telur telur bisa digiling menjadi bubuk dengan menggunakan lender dan saringan. Serbuknya bisa dicampur dengan air atau makanan. Asupan harian 2,5 gram sudah memenuhi kebutuhanharian orang dewasa.

Catatan penting
Serbuk cangkang telur bukan hanya salah satu sumber kalsium termurah - namun juga yang paling efektif.
Jika Anda mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan kalsium Anda atau jika Anda menderita osteoporosis, bubuk kulit telur buatan sendiri adalah alternatif yang efektif dan murah untuk suplemen kalsium anda.
Penelitian menunjukkan bahwa kalsium kulit telur terserap dengan baik dan bisa memperkuat tulang penderita osteoporosis.
Membuat serbuk cangkang telur sendiri di rumah itu mudah. Setelah merebus dan mengeringkan kulit telur, Anda bisa menghancurkannya dengan blender dan menyaringnya, selanjutnya serbuk bisa dicampur dengan air atau menambahkannya ke makanan.

Jangan Lupa Share ya..

Jurnal Literatur
2       https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23607686
3       https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11194049
4       https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21118827
5       https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11281164
6       http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/(SICI)1097-0010(199909)79:12%3C1596::AID-JSFA406%3E3.0.CO;2-A/abstract
7       https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14749454
8       https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17701094
9       https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15607643
11    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24771492
12    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10758743
14    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19554094
16    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15846645
17    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19340512
18    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11553232
19    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18648060
21    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10989406



EmoticonEmoticon