8 Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung atau Stroke

8 Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung atau Stroke

Sedikit perubahan kecil pada gaya hidup Anda benar-benar dapat mengurangi peluang Anda terkena serangan jantung atau stroke. Cobalah anda lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Olahraga Setiap Hari
Aktifitas fisik sangat baik bagi kesehatan anda. Dengan berolahraga akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah ditubuh anda. Lakukan sekurangnya 30 menit olahraga setiap harinya. Olah raga seperti renang, jalan cepat, jogging sangat baik bagi jantung.
Jika anda orang yang sangat sibuk, maka lakukan hal sederhana seperti
  1. jalan 15 menit di pagi hari saat kekantor dan 15 menit pulang dari kantor,
  2. Parkir mobil sedikit lebih jauh dari temapt kerja kemudia jalan kaki.
  3. Pilih naik tangga jangan pakai lift terus.
  4. Kerjakan pekerjaan rumahtangga sendiri seperti mengepel lantai.

2. Turunkan Berat Badan
Jika anda memiliki berat badan berlebih atau bahkan obesitas, maka anda perlu menurunkan berat badan anda. Anda tidak perlu menjadi kurus untuk mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Jika Anda mampu menurunkan 5% sampai 10% berat badan Anda saja, Anda sudah memperbaiki kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan kadar gula darah Anda. Berdiet secara bertahap sangat baik bagi kesehatan anda.
3. Konsumsi Obat Jantung Anda
Jika anda pernah mengalami serangan jantung atau memiliki masalah di jantung anda, dan dokter menyarankan anda untuk konsumsi obat, maka jangan abaikan saran dokter. Banyak orang tidak mengkonsumsi obat yang seharusnya masih mereka konsumsi seperti obat penghancur plak, ini akan menjadikan anda berpotensi terkena serangan jantung lagi. Anda boleh menghentikan konsumsi obat jika kondisi anda benar-benar sudah stabil dan anda wajib merubah pola hidup tidak sehat anda.
4. Perhatikan makanan anda
Makan makanan yang sehat akan menurunkan kemungkinan terkena seranagn jantung dan stroke. Pastikan setiap makan, piring anda berisi:
• Buah-buahan
• Sayuran
Biji-bijian
Ikan
Jika ingin daging, sedikit saja
Jauhi makanan pabrikan. Makanan yang tidak sehat, seperti mie instan. Makanan pabrikan mengandung banyak garam dan gula buatan. Selain itu, makanan pabrikan berisi bahan pengawet dan penyedap rasa yang buruk bagi kesehatan anda.
5. Konsumsi sedikit coklat.
Anda boleh mengkonsumsi sedikit coklat. Coklat baik untuk meindungi pembuluh darah anda. Pastikan coklat yang anda konsumsi memiliki bahan kakao lebih dari 70%.
Jaga agar berat badan anda tidak bertambah. Jika anda bertambah gemuk, maka jantung anda akan bekerja lebih keras, ini tidak baik bagi kesehatan anda.
6. Jangan Merokok
Merokok meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke secara dramatis. Dengan tidak merokok, Anda juga membantu teman dan keluarga Anda, karena asap rokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan, orang yang menghirup asap rokok anda tanpa merokok, justru terkena dampak yang lebih parah bagi kesehatanya. Jika anda sayang pada keluarga anda, semestinya anda tidak merokok.
7. Perhatikan apa yang anda rasakan
Jika anda merasakan sesuatu yang tidak nyaman dalam tubuh anda, jangan hanya berharap mereka akan pergi sendiri. Segera periksa dan temui dokter Anda jika Anda merasakan sesuatu yang tidak biasa, seperti sesak napas, perubahan dalam detak jantung Anda, atau kelelahan yang teramat sangat. Juga, perhatikan rasa sakit di dada yang menjalar ke rahang atau punggung Anda, mual atau muntah, berkeringat dingin tiba-tiba. Waspada juga jika anda merasakan seperti tertindih beban berat di dada saat bernapas.
8. hindari Stress
Stress adalah induk dari segala masalah kesehatan dalam tubuh anda. Jangan sampai anda hidup dengan stress karena itu sama artinya anda mengundang penyakit dalam hidup anda. Biasakan memaafkan diri sendiri dan orang lain setiap malam sebelum anda tidur. serahkan semua beban kepada Tuhan, maka hidup anda akan jauh lebih baik.


Sumber : WebMD
Latest

1 komentar:

Trimakasih infonya sangat bermanfaat.


EmoticonEmoticon